KEBERADAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI DESA PENYALIMAU JAYA KECAMATAN KAPUAS KABUPATEN SANGGAU

HOSEA NIM. E61112007

Abstract


Penulisan Skripsi ini bermaksud untuk memberi pemahaman mengenai perubahan sosial dalam masyarakat yang diakibatkan oleh masuknya perkebunan kelapa sawit. Masalah penelitian yang dibahas adalah bagaimana keberadaan perkebunan kelapa sawit terhadap perubahan sosial masyarakat di Desa Penyalimau Jaya ?. Tujuan penelitian ini terbagi menjadi dua, yang pertama: mendeskripsikan dan menganalisis perubahan sosial masyarakat sebelum dan sesudah adanya perkebunan kelapa sawit. Kedua: mendeskripsikan dan menganalisis faktor penyebab serta dampak perubahan sosial masyarakat di Desa Penyalimau Jaya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif.  Teori yang penulis gunakan adalah Teori Perubahan Sosial dan Teori Solidaritas Sosial sebagai pisau analisis. Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya perubahan sosial dalam masyarakat. Faktor penyebab perubahan sosial masyarakat adalah pertambahan penduduk, pengaruh kebudayaan lain, terbangunnya akses jalan dan adanya listrik. Dampak yang diakibatkan oleh perubahan sosial masyarakat ada yang positif dan ada yang negatif. Dampak positif perubahan sosial masyarakat adalah aktivitas masyarakat mudah dan cepat, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan pola pikir masyarakat yang semakin berkembang. Sedangkan dampak negatif yang diakibatkan oleh perubahan sosial masyarakat adalah sulitnya lapangan pekerjaan, individualitas semakin meningkat dan pencemaran lingkungan. Berdasarkan hasil temuan penelitian, penulis menyimpulkan bahwa masyarakat di Desa Penyalimau Jaya telah mengalami perubahan sosial serta perubahan solidaritas sosial dari mekanik ke organik.

Kata Kunci :            Perubahan Sosial, Solidaritas Sosial, Pengaruh Kebudayaan Lain, Pola Pikir, Individualitas.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1166 times
PDF - 1679 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02