INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN MASYARAKAT SEKITAR, STUDI : PADA ASRAMA MAHASISWA TRANSMIGRASI KALIMANTAN BARAT KELURAHAN BANGKA BELITUNG LAUT

DEWI PRIYANTI NIM.E61112016

Abstract


Skripsi ini berjudul “Interaksi Sosial Mahasiswa Yang Tinggal Di Asrama Dengan Masyarakat Sekitar, Studi Pada Asrama Mahasiswa Transmigrasi Kalimantan Barat Kelurahan Bangka Belitung Laut”. Perumusan masalah penelitian ini adalah “bagaimana interaksi sosial yang asosiatif antara mahasiswa yang tinggal di asrama mahasiswa transmigrasi KalBar dengan masyarakat sekitar di kelurahan bangka belitung laut”. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif, yaitu jenis penelitian yang bermaksud untuk mendeskripsikan atau menjelaskan tentang bagaimana proses interaksi sosial yang terjadi di kehidupan Mahasiswa Asrama Transmigrasi KalBar dengan Masyarakat Sekitar di Kelurahan Bangka Belitung Laut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Jenis penelitian deskriptif yaitu jenis penelitian yang bermaksud untuk mendeskripsikan atau menjelaskan tentang bagaimana proses interaksi sosial yang terjadi di kehidupan Mahasiswa Asrama Transmigrasi KalBar dengan Masyarakat Sekitar di Kelurahan Bangka Belitung Laut. Metode penelitian kualitatif mengutamakan manusia sebagai instrumen penelitian, sebab mempunyai adaptasi yang tinggi sehingga dapat menyesuaikan diri dengan situasi yang dapat berubah ketika melakukan penelitian. Teori yang digunakan adalah teori Interaksi Sosial dari Gillin dan Gillin yang mencakup dua aspek, yaitu interaksi sosial yang asosiatif dan disosiatif. Namun dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan interaksi sosial yang asosiatif, yang memiliki 2 komponen yaitu kerja sama dan akomodasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses kerja sama yang terbentuk antara mahasiswa transmigrasi dengan masyarakat sekitar  karena adanya kepentingan dan tujuan yang sama. Konflik yang terjadi karena kesalahpahaman terhadap pembongkaran kios milik ketua RW diselesaikan melalui proses akomodasi, dalam bentuk musyawarah dan mediasi oleh tokoh masyarakat. Untuk selalu terciptanya suasana yang asosiatif, kepada mahasiswa sebagai pendatang harus mampu mengembangkan sikap akomodatif, dan toleransi.Dapat ditarik kesimpulan bahwa proses interaksi sosial yang terjadi antara mahasiswa transmigrasi dengan masyarakat pada umumnya dan pada kenyataan dilapangan berjalan dengan baik. Meskipun tidak dapat dipungkiri, disetiap kehidupan pasti ada yang namanya salah paham, konflik, bahkan pertikaian. Namun untuk menyikapi permasalahan tersebut, mereka memiliki cara yang harmonis untuk menyelesaikannya, yaitu dengan cara bermusyawarah, ataupun melibatkan pihak-pihak terkait untuk memecahkan masalah tersebut.

 

Kata- kunci : Interaksi, masyarakat, mahasiswa, kerja sama, akomodasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 814 times
PDF - 448 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02