STRATEGI BURUH BANGUNAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI KELURAHAN BANJAR SERASAN KECAMATAN PONTIANAK TIMUR KOTA PONTIANAK

RISKA PERTIWI NIM. E51111022

Abstract


mendeskripsikan startegi buruh bangunan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Kelurahan Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan, untuk menggambarkan bagaimana kondisi ekonomi buruh bangunan di Kelurahan Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur. Teknik penarikan sampel dilakukan secara purposive sampling. Informan yang digunakan adalah Buruh bangunan harian lepas di Kelurahan Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi, yang kemudian hasil penelitian yang telah diperoleh di analisa secara kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori aksi yang dikemukakan oleh Talcot Parsons, teori ini menyebutkan bahwa tindakan manusia muncul dari kesadaraannya sendiri sebagai subyek dan dari situasi eksternal sebagai objek. Sebagai subjek, manusia bertindak untuk mencapai tujuan. Dalam bertindak, manusia menggunakan cara, teknik, prosedur, serta metode untuk mencapai tujuan tersebut adapun kesimpulan menurut teori aksi para buruh bangunan telah menentukan ukuran-ukuran tertentu sebagai bahan pertimbangan, hingga pada akhirnya mereka telah mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan. Sehingga tindakan yang para buruh bangunan harian lepas lakukan sebagai strategi meningkatkan kesejahteraan keluarganya. Dari temuan data di lapangan dan analisa data, maka dapat di simpulkan bahwa pendapatan buruh bangunan masih belum mencukupi kebutuhan keluarga. Demi meningkatkan kesejahteraan keluarga para buruh harus bekerja keras dan berusaha mencari pendapatan tambahan.  Strategi para buruh bangunan harian dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga adalah dengan cara mencari pekerjaan atau usaha lain, melakukan penghematan, meminta bantuan pada keluarga atau meminjam pada keluarga dekat dan menjual barang atau aset-aset berharga yang dimiliki.

 

Kata-Kata Kunci: Strategi, Buruh Bangunan, Ekonomi Keluarga, Kesejahteraan Keluarga

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 984 times
PDF - 551 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02