PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PERILAKU MAHASISWA SOSIOLOGI FISIP UNTAN ANGKATAN 2013

AAN SURYANSYAH NIM. E1041131016

Abstract


Kemajuan zaman yang terjadi sekarang ini menuntut masyarakat untuk selalu ikut andil dalam mewarnai kemajuan tersebut atau sekurang-kurangnya dapat berperan dalam penggunaan fasilitas-fasilitas sebagai hasil dari kemajuan zaman. Penggunaan tersebut erat kaitanya dengan kabutuhan informasi yang diperlukan oleh pengguna. Pada zaman yang telah memasuki era modern, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang di namakan internet. Dimana internet sudah memasuki segala aspek kehidupan. Penggunaan internet saat ini berkembang sangat pesat. Internet dianggap sebagai “jendela dunia”, yang mana bisa dengan mudahnya mengakses berbagai macam informasi yang kita inginkan. Perkembangan teknologi khususnya internet yang semakin hari semakin canggih dan modern ini, bukan hanya memberi manfaat positif untuk pengguna nya akan tetapi juga menimbulkan dan memberikan dampak negatif, seperti membuat penggunanya kecanduan, malas, curang dan beberapa perilaku yang kurang baik. Salah satu yang terkena dampak dari perkembangan teknologi internet ini adalah mahasiswa prodi Sosiologi FISIP UNTAN angkatan 2013, Sebagian banyak mahasiswa prodi sosiologi angkatan 2013 ini lebih suka menggunakan internet untuk memenuhi tugas mereka daripada menggunakan buku, mahasiswa Sosiologi FISIP UNTAN angkatan 2013 ini juga termasuk dalam kategori Heavy users (menggunakan internet lebih dari 40 jam perbulan). Rumusan masalah dalam penelitian ini dirumuskan dengan pertanyaan apakah ada pengaruh penggunaan internet terhadap perilaku mahasiswa Sosiologi FISIP UNTAN Angkatan 2013. Jenis atau metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif untuk membuktikan teori terpaan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara penggunaan internet dan perilaku mahasiswa, yang dibuktikan dengan uji korelasi dengan nilai 0,760. Variabel X (penggunaan internet) positif memberikan pengaruh terhadap variabel Y (Perilaku mahasiswa), yang dibuktikan dengan hasil uji regresi yang tidak terdapat tanda negatif. Sedangkan besaran pengaruh variabel x terhadap variabel y adalah 58%, sisanya 42% dipengaruhi variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa media massa (internet) dapat mengubah perasaan, kepercayaan dan perilaku audiensinya. Peneliti juga menemukan bahwa penggunaan internet oleh mahasiswa bisa menimbulkan beberapa bentuk perilaku tergantung bagaimana tujuan, cara dan mengapa menggunakan, hal ini sejalan dengan penjelasan teori terpaan media yang digunakan dalam penelitian.

 

Kata-Kata Kunci : Penggunaan Internet, Perilaku Mahasiswa, Pengaruh, Hubungan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 922 times
PDF - 629 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02