DAMPAK KEBERADAAN ALFAMART TERHADAP PEDAGANG TRADISIONAL DI PONTIANAK TIMUR

DINI NOVIANTI NIM. E51112076

Abstract


Pontianak Timur merupakan salah satu Kecamatan yang sedang berkembang di Kota Pontianak. Perkembangan zaman saat ini telah merubah banyak aspek atau pola kehidupan masyarakat, begitu pula dalam hal berbelanja, banyak toko-toko modern bermunculan yang perlahan menggeser keberadaan atau eksitensi pedagang tradisional (pedagang kecil). Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui  bagaimana dampak yang terjadi pada pedagang tradisional atau pedagang kecil akibat perkembangan menjamurnya toko modern, Mengungkapkan Gaya hidup masyarakat yang modern yang mempengaruhi  pola berbelanja sehingga berdampak pada pedagang tradisional atau pedagang kecil dan Menjelaskan strategi pedagang tradisional atau pedagang kecil untuk mengatasi perubahan gaya hidup masyarakat dalam perkembangan pola berbelanja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori interaksi sosial (Disasosiatif) oleh Jhon Lewis Gillin. Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti yakni 50 % pedagang tradisional (pedagang kecil) menerima keberadaan Alfamart mereka mengaku Adanya Alfamart tidak mengganggu keberlangsungan usaha mereka dan 50% dari Pedagang tradisional (pedagang kecil) mengalami dampak negatif dari berdirinya Alfamart yang berada di sekitar lingkungan usaha mereka kerena  konsumen yang sepi dan omset atau pendapatan yang menurun.Hasil penelitian ini, sama halnya dengan teori interaksi sosial (Disasosiatif) yang dijelaskan oleh Jhon Lewis Gillin, dimana pada proses disasosiatif terdapat proses persaingan dimana para Pedagang kecil melakukan berbagai strategi untuk tetap bisa bertahan dengan menjamurnya toko modern seperti Alfamart.

Kata Kunci: Dampak, Alfamart, Pedagang Tradisional


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1072 times
PDF - 696 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02