PERILAKU BERPACARAN PADA REMAJA Studi Kawasan Objek Wisata Pantai Pulau Datok Desa Sutera Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara

SUDIANTO NIM. E51112002

Abstract


Penelitian ini didasari dengan keinginan untuk mengetahui tentang perilaku berpacaran pada remaja di Kawasan Objek Wisata Pantai Pulau Datok Desa Sutera Kecamatan Sukadana KabupatenKayong Utara. Keberadaan Objek Wisata Pantai Pulau Datok Di Desa Sutera mengakibatkan perilaku remaja yang semakin kompleks. Remaja tidak hanya menjadikan Pantai Pulau Datok sebagai tempat bersantai dengan teman–temanya tetapi menjadikannya sebagai tempat untuk berpacaran yang mengarah pada hubungan seksual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis bentuk – bentuk, faktor penyebab perilaku berpacaran serta dampaknya terhadap remaja. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang  menghubungkan keberadaan objek wisata Pantai Pulau Datok dengan perilaku berpacaran. Faktor – Faktor penyebab munculnya perilaku berpacaran berdasarkan hasil penelitian diantaranya :Kurangnya Perhatian orang tua, dampak teknologi, lingkungan pantai yang strtegis, rendahnya pendidikan agama. Bentuk – bentuk Perilaku berpacaran seperti kissing, petting, sexsual intercourse. Dampak Perilaku berpacaran bagi remaja seperti :kesehatan remaja, kehamilan yang tidak diinginkan, serta pengucilan oleh masyarakat. Peneliti menggunakan teori Bandura (1998) yang menyatakan bahwa faktor perilaku dan faktor lingkungan dapat berinteraksi secara timbal balik. Hal ini searah dengan perilaku berpacaran  remaja  disekitar objek wisata Pantai Pulau Datok karena perilaku berpacaran yang mereka lakukakan akibat faktor lingkungan serta pergaulan yang sudah menjadi kebiasaan dan pertimbangan pola perilaku dari remaja – remaja yang mengunjungi kawasan objek wisata Pantai Pulau Datok dengan pasangan atau pacar mereka. Hasil Penelitian membuktikan bahwa terjadinya perilaku berpacaran yang mengarah pada hubungan seksual disebabkan lingkungan pantai yang strategis dan faktor internal dari remaja itu sendiri. Pantauan dan Pengawasan dari pihak yang terkait sangat diperlukan agar berpacaran remaja tersebut dapat dihentikan.

 

Kata-kata Kunci :Perilaku berpacaran, Kawasan Objek Wisata, Remaja

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1048 times
PDF - 638 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02