PERILAKU SOSIAL MASYARAKAT DI LOKASI PERJUDIAN DI DESA PASAK PIANG, KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG, KABUPATEN KUBU RAYA

RUSLI AL MARGI NIM. E1041131028

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis mengenai latar belakang warga masyarakat sering melakukan perjudian, perilaku sosial masyarakat ketika berada dilokasi perjudian serta peran penegak hukum dalam menanggapi perjudian di Desa lokasi penelitian. Banyaknya lokasi perjudian sangat berpengaruh bagi kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu dalam pandangan penulis, topik ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori perilaku sosial Max Weber (tahun: 1905). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa alasan yang melatar belakangi warga masyarakat sering melakukan perjudian. misalnya, faktor ekonomi, mencari ketenangan, hoby dan kesempatan. Ketika mereka berada dilokasi tersebut beranika ragam perilaku yang dapat kita jumpai seperti ketawa tanpa sebab, minum-minuman, mencaci maki dan sebagainya. Hal demikian sudah dianggap biasa  dikalangan penjudi namun, tidak dikalang warga desa lainnya. Sikap penegak hukum menjadi penentu keberlanjutan perjudian didaerah tersebut. Namun, suatu hal yang tidak bisa dipungkiri bahwa sejumlah Polisi yang datang ke lokasi perjudian bukan untuk memberantasnya, malah sebaliknya, mereka mencari keuntungan sendiri di lokasi perjudian tersebut.

Kata-kata Kunci: Perilaku Sosial, Masyarakat, Dan Perjudian


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 888 times
PDF - 500 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02