PENGARUH KEBERADAAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM ) WAHANA VISI INDONESIA TERHADAP PERUBAHAN MASYARAKAT KELURAHAN BATULAYANG KECAMATAN PONTIANAK UTARA

IRWA JUANA RIANSYAH NIM E1041131076

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan perubahan sosial yang terjadi di Kelurahan Batulayang Kecamatan Pontianak Utara setelah adanya LSM Wahana Visi Indonesia dan Faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif melalui pendekaan kualitatif dengan menggunakan teori agen perubahan dari Havelock. Adapun subjek penelitian ini yaitu masyarakat Kelurahan Batulayang yang mengalami perubahan dan ikut dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh LSM Wahana Visi Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat banyak perubahan yang terjadi di Kelurahan Batulayang Kecamatan Pontianak Utara setelah adanya LSM Wahana Visi Indonesia antara lain: (1) Perubahan masyarakat dalam aspek kesehatan yaitu masyarakat sudah sadar akan pentingnya kesehatan dan menjadi konselor untuk masyarakat. (2)Perubahan masyarakat dalam  aspek pendidikan yaitu dengan mendirikan sekolah PAUD. (3)Perubahan masyarakat dalam aspek sosial yaitu masyarakat sudah sadar akan pentingnya memberikan hak kepada anak dan memsosialisasikan kepada  masyarakat lain untuk tidak melakukan kekerasan terhadap anak. Faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan sosial adalah masyarakat yang sudah memiliki pola pikir yang maju dan masyarakat yang sudah ingin mandiri.

 

Kata-kata Kunci: Perubahan Sosial, Lembaga Swadaya Masyarakat, Masyarakat, Agen Perubahan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 908 times
PDF - 566 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02