PERALIHAN SOSIAL MASYARAKAT DARI PENGGUNAAN SARANA TRANSPORTASI UMUM (Angkot) KE KENDARAAN PRIBADI SEPEDA MOTOR DI KOTA PONTIANAK

FRANSISKUS ROBET NIM. E51112015

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor dan dampak masyarakat kota Pontianak beralih dari menggunakan sarana transportasi umum angkot kepada kendaraan pribadi sepeda motor. Menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah masyarakat yang menggunakan sepeda motor, masyarakat yang masih menggunakan transportasi umum, dan supir angkot serta dealer, yang dipilih secara random sampling. Teori yang digunakan adalah teori pilihan rasional Coleman, di mana tindakan individu atau aktor untuk melakukan suatu tindakan ditentukan oleh nilai atau pilihan. Hasil penelitian menunjukan, faktor peralihan masyarakat dari penggunaan sarana transportasi umum (angkot) ke kendaraan pribadi sepeda motor, masyarakat memilih dan menilai bahwa menggunakan sepeda motor lebih efisien dan efektif daripada menggunakan angkot. Sehingga keputusan yang dianggap tepat untuk memilih sepeda motor sebagai alternativ transportasi, berdasarkan nilai kegunaan dari segi waktu dan biaya. Sepeda motor merupakan kebutuhan masyarakat guna menunjang aktivitas rutin mereka dalam bertransportasi. Semakin banyaknya penggunaan sepeda motor merubah pola pikir masyarakat bahwa memiliki kendaraan pribadi sepeda motor merupakan pola gaya hidup masyarakat yang berkembang mengikuti kemajuan jaman dan teknologi. Dampak yang timbul juga cukup banyak dirasakan masyarakat, baik dampak positif maupun dampak negatif. Selain itu, banyaknya masyarakat yang menggunakan sepeda motor juga berdampak terhadap pengasilan para supir angkot yang ada di kota Pontaianak.

 

Kata-kata kunci : Metode penelitian, Random Sampling, Faktor dan Dampak, Masyarakat

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 918 times
PDF - 614 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02