KEHIDUPAN MASYARAKAT PETANI MISKIN (Studi Kasus Petani Karet Di Desa Sebunga Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas)

BLASIUS HERU SENEVE NIM. E1042131015

Abstract


Penulisan skripsi ini adalah untuk mengungkapkan kondisi kemiskinan masyarakat petani karet serta untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kemiskinan pada masyarakat petani karet di Desa Sebunga Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif, karena penelitian ini dipandang mampu menganalisa realitas sosial secara mendetil. metode kualitatif dapat digunakan untuk mengkaji, membuka, mengambarkan atau menguraikan sesuatu dengan apa adanya.. Adapun pengumpulan data dalam penelitiann kualitatif ini dilakukan meliputi: teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data kualitatif meliputi: reduksi data, sajian data dan verifikasi data. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja faktor penyebab kemiskinan pada masyarakat petani karet. Teori yang digunakan teori penyebab kemiskinan individual, sosial, kultural, struktural oleh suharto 2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat banyak masyarakat petani karet yang tergolong miskin.. Adanya faktor-faktor penyebab kemiskinan pada masyarakat petani karet seperti faktor individual yang menyebabkan masyarakat yang menjadi miskin karena adanya kecacatan pribadi, dalam arti fisik, mental(attitude), malas, tidak jujur, merasa terasing sehingga mereka tidak dapat mencari perkerjaan, faktor sosial Kebutuhan tidak lepas dari kehidupan sehari-hari selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan, seperti makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan kesehatan. faktor kultural faktor mengacu pada persoalan sikap seseorang atau masyarakat yang di sebabkan oleh faktor budaya. Sikap budaya itu, seperti tidak mau berusaha untuk memperbaiki tingkat kehidupan, malas, pemboros, tidak kreaktif, meskipun ada pihak luar untuk membantunya, dan faktor struktural ialah kondisi atau situasi kurangnya perhatian pemerintah menyebabkan penyedian sarana dan prasarana di Desa Sebunga juga terbilang masih minim khusunya untuk masyarakat petani karet.

Kata-kata Kunci: Kemiskinan, Petani karet, dan Kebutuhan Keluarga


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 910 times
PDF - 539 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02