AKTIVITAS IBU RUMAH TANGGA DALAM MENJALANKAN PERAN PUBLIKNYA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA SEMPALAI SEBEDANG KECAMATAN SEBAWI KABUPATEN SAMBAS

ROSALIA NIM. E51110028

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan suatu objek dan fenomena dalam suatu tulisan naratif mengenai aktivitas ibu rumah tangga dalam menjalankan peran publiknya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tidak seimbangnya peran publik dan peran domestik dari para ibu rumah tangga yang bekerja serta makin berkurangnya waktu waktu bagi keluarganya. Dari permasalahan tersebut dapat dianalisis dengan menggunakan teori peran (role theory) menurut Soerjono Soekanto peranan merupakan aspek dinamis kedudukan (status). Apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya, dia menjalankan suatu peranan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ibu rumah tangga yang bekerja disektor publik  memiliki latar belakang yang beragam sehingga mereka memutuskan untuk bekerja. Pekerjaan yang dilakukan pun bermacam – macam bahkan ada yang sampai memiliki dua pekerjaan sekaligus sebagai kerjaan sampingan. Meskipun pekerjaan yang mereka lakukan lebih banyak menghabiskan waktu diluar rumah. Tapi ada juga yang ruang kerjanya didalam rumah namun tetap sibuk sehingga tidak terlalu memperhatikan suasana rumah. Mereka bergantung kepada suami dan anak – anak untuk membantu mereka melakukan aktivitas rumah tangga. Seharusnya sebesar apapun penghasilan dan sebagus apapun karir yang dimiliki oleh seorang ibu rumah tangga namun mereka tetaplah seorang perempuan yang berstatus seorang istri dan ibu. Sehingga mereka juga tetap harus menghormati suami mereka sebagai kepala rumah tangga dan tetap tanggung jawab merawat serta mendidik anak itu tugas dari seorang ibu rumah tangga.

 

Kata-kata Kunci : Ibu rumah Tangga, Peran Ganda

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1072 times
PDF - 621 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02