PERSPEKTIF MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KELUARGA BERENCANA (KB) BAGI KAUM LAKI-LAKI DI KOTA SINGKAWANG

BELA PUSPITA NIM. E1041131069

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan masyarakat terhadap kaum laki-laki dalam pelaksanaan Program KB dan menganalisa pandangan laki-laki yang tidak menggunakan KB. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Singkawang, yang dipilih secara purposive. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan berdasarkan catatan lapangan dan observasi kemudian data dikumpulkan menjadi data yang lengkap. Teori utama yang digunakam dalam penelitian ini adalah teori Konstruksi Sosial dari Berger dan Luckman, yang didalamnya terdapat tiga (3) proses pemaknaan/dialetis terdiri dari Eksternalisasi, Internalisasi dan Obyektivasi. Ketiga (3) proses tersebut  menjelaskan bahwa kaum laki-laki dalam memahami program KB mengalami proses yang dialetis, pengetahuan laki-laki dalam program KB yang kurang  membuatnya mudah terlena dengan pendapat lain tanpa menyaring pendapat tersebut. Hal tersebut membuat kaum laki-laki tidak berpartisipasi secara maksimal, baginya dalam pelaksanaan program KB cukup dengan wanita yang ikut serta sudah cukup. Begitu juga dengan masyarakat yang beranggapan sama bahwa wanita adalah satu-satunya peserta yang baik dalam pelaksanaannya. Seperti dalam Feminimme radikal yaitu membedakan antara wanita dan laki-laki namum hubungan diantara keduanya bersifat hierarki. Laki-laki dan wanita memiliki hak yang sama, namun KB dalam pandangan masyarakat lebih kearah wanita.

 

Kata-kata kunci : Program KB, Kontrasepsi, Pandangan, Wanita, Kesehatan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1072 times
PDF - 644 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02