PREFERENSI WANITA DALAM MENENTUKAN PASANGAN HIDUP (SUAMI) YANG BEKERJA DI KELURAHAN PARIT TOKAYA KECAMATAN PONTIANAK SELATAN

MORO PANDAWA NIM. E1041131023

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Preferensi wanita dalam menentukan pasangan hidup ( suami ) yang bekerja di Kelurahan parittokaya Kecamatan Pontianak Selatan setelah adanya pemilihan pasangan. Adapun aspek-aspek dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk menganalisis latar belakang  Untuk menganalisis latar belakang alasan  wanita dalam menentukan  pasangan hidup (suami) yang bekerja di Kelurahan Parittokaya. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi wanita dalam  menentukan pasangan hidup (suami) yang bekerja di Kelurahan Parittokaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuailitatif dengan menggunakan teori pertukaran oleh Peter Blau. Hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa banyak terdapat wanita yang menentukan pasangan hidup ( suami ) yang bekerja di Kelurahan parittokaya kecamatan pontianak selatan antara lain : (1) wanita yang menentukan pasangan hidup terdapat dari dorongan keluarga , teman  dan era  perekonomian saat ini. (2) adanya faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal adalah keinginan dan kriteria wanita dalam memilih pasangan hidup. Faktor eksternal yaitu yang mempengaruhi suatu hubungan interpesonal mencakup faktor kedekatan secara fisik antara dua orang. 

 

Kata-kata Kunci : Preferensi Wanita, Menentukan Pasangan Hidup, Kelurahan Parittokaya


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 827 times
PDF - 497 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02