FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA PERNIKAHAN USIA REMAJA DI DESA PEMATANG GADONG KECAMATAN MATAN HILIR SELATAN KABUPATEN KETAPANG

HIDAYAT NIM. E51112040

Abstract


Judul Skripsi ini adalah “Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Pernikahan Usia Remaja di Desa Pematang Gadong Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang”. Dalam hal ini penulis memperoleh informasi melalui dua orang pasangan yang menikah di usia muda, orang tua yang menikah usia muda, pegawai KUA, Pengadilan Agama, BKKBN, dan Tokoh Masyarakat setempat. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan adalah pasangan yang menikah di usia muda, orang tua pasangan yang menikah usia muda, pegawai KUA, Pengadilan Agama, BKKBN, serta Tokoh Masyarakat adalah sebagai berikut: 1) pernikahan usia muda dapat terjadi dikarenakan kurangnya pengetahuan orang tua yang memiliki pendidikan rendah, 2) terjadinya pernikahan usia muda juga dikarenakan oleh faktor ekonomi keluarga, 3) kemudian pernikahan itu juga bisa terjadi karena memandang itu adalah hal biasa sehingga mereka secara tidak langsung itu sudah membudaya bagi kehidupan mereka, 4) pada akhirnya dampak yang akan ditimbulkan oleh hasil dari terjadinya pernikahan muda tersebut tidak akan bisa terelakan lagi yang akan menjadi pengaruh besar untuk keberlangsungan rumah tangga pasangan muda tersebut, 5) terakhir solusi yang ditawarkan oleh penulis dalam memandang dari hasil analisa dengan tujuan agar pernikahan usia remaja ini dapat terelakan dan terminimalisir oleh kita semua.

 

Kata-kata Kunci: Pengaruh, Pernikahan, Usia Remaja


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 731 times
PDF - 461 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02