POLA PERILAKU SISWA PENGGUNA HANDPHONE DI SMA PELITA JAYA JANGKANG DESA TANGGUNG KECAMATAN JANGKANG

Agustina Sesagustiani NIM. E1041141002

Abstract


Penulisan Skripsi ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan pemahaman terhadap dinamika kehidupan dunia pendidikan di era perkembangan media komunikasi yang semakin pesat ini. Kehadiran media komunikasi salah satunya handphone mempengaruhi minat siswa dalam menggunakannya dan turut mengiringi perkembangan prestasi akademik siswa dan kehidupan pribadinya baik yang positif maupun negatif. Permasalahan ini dipandang menarik untuk dikaji didasarkan bahwa walaupun dengan sarana dan prasarana komunikasi yang terbatas, minat siswa di SMA Pelita Jaya  Jangkang dalam menggunakan handphone  cukup tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Behavioral dari B. F. Skinner dalam George Ritzer 2014. Hasil peneltian menunjukan dampak negatif dan positif penggunaan handphone terhadap siswa yakni: 1). Munculnya rasa malas untuk melakukan aktivitas lain termasuk menyita waktu dan kewajiban remaja sebagai seorang pelajar yaitu belajar, dan mempengaruhi tingkat konsenterasi siswa yang bersangkutan. 2). peningkatan rasa percaya diri pada siswa yang menggunakan handphone. Faktor yang mempengaruhi tingginya minat siswa dalam menggunakan handphone dipengaruhi oleh kualitas dan fungsi handphone yang mampu mengoperasikan berbagai aplikasi elektronik.

 

Kata-kata kunci: Perilaku Siswa, Handphone, SMA Pelita Jaya Jangkang

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 848 times
PDF - 581 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02