POLA INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT PERBATASAN (Studi Petani Lada di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas)

MASRI NIM. E51112047

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menjelaskan pola interaksi sosial masyarakat perbatasa. Adapun yang di bahas dalam penelitian ini adalah bentuk interaksi sosial antar petani lada di desa Temajuk. Penduduk desa Temajuk sebagian besar bekerja sebagai petani lada, hal ini dikarenakan kondisi geografis wilayah desa sebagian bear berupa perbukitan. Lada menjadi komoditas unggulan masyarakat sejak tahun 1980. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena bermaksud untuk memperoleh pemahaman dari interaksi sosial. Di dalam penelitian ini menggunakan teori interaksi sosial dari Gillin dan Gillin. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa interaksi sosial sosial yang terjadi antar petani lada di desa Temajuk bersifat Disasosiatif, yakni persaingan. Adapun struktur sosial yang terjadi antar petani lada berada di level bawah. Hal ini dapat dilihat hubungannya dengan pengepul lada dipusat pemerintahan kecamatan. Hasil penelitian ini sama halnya dengan teori bentuk interaksi sosial disasosiatif, yani persaingan. Persaingan yaitu suatu proses sosial dimana orang-perorangan atau kelompo-kelompok manusia yang bersaing, mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan yang ada pda suatu masa tertentu menjadi pusat perhatian publik. Tingginya kebutuhan kehidupan diwilayah perbatasan menghambat interaksi sosial anatar petani lada di Desa Temajuk.

 

Kata-kata Kunci: Masyarakat Perbatasan, Petani Lada, Interaksi Sosial, Disasosiatif

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1012 times
PDF - 629 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02