DAMPAK USAHA PETERNAKAN UNGGAS TERHADAP KESEHATAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DI DESA BATU BEGIGI, KECAMATAN TANAH PINOH, KABUPATEN MELAWI

SRI WAHYUNI NIM. E51111046

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis dampak dan upaya pengawasan yang dilakukan oleh instansi terkait dalam mengatasi dampak limbah akibat adanya usaha peternakan unggas pada wilayah pemukiman yang berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan masyarakat, di Desa Batu Begigi Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dalam pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan alat dokumentasi. Hasil penelitian dilapangan terdapat fungsi manifest atau fungsi yang diharapkan dari dampak usaha peternakan unggas tersebut sebagai penyedia lapangan kerja, sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran masyarakat, sebagai bahan pemenuhan kebutuhan hewani masyarakat, masyarakat yang berkebun atau bercocok tanam dapat memanfaatkan kotoran atau feses untuk pembuatan pupuk kandang. Sedangkan fungsi laten atau fungsi yang tidak diharapkan dari dampak usaha peternakan unggas diantaranya kualitas udara menjadi tidak baik, menyengatnya bau kotoran atau aroma yang tidak sedap dari kandang unggas, lalat yang kerap masuk kepemukiman warga, tercemarnya air sumur milik masyarakat dan tingkat kesehatan masyarakat setempat terganggu. Umumnya masyarakat belum mengerti mengenai dampak yang ditimbulkan dari peternakan unggas, hal tersebut disebabkan kurangnya sosialisasi dari instansi terkait tentang bahaya dari dampak limbah peternakan unggas terhadap kesehatan lingkungan. Masyarakat harus selalu menerapkan kontrol sosial artinya setiap masyarakat dapat saling mengontrol dengan mengingatkan pemilik usaha peternakan untuk secara rutin membersihkankan dan kandang unggasnya, Instansi terkait memberikan penyuluhan bersama petugas penyuluh pertanian lapangan maupun dinas kesehatan mengenai pentingnya menjaga kesehatan lingkungan masyarakat, agar berkurangnya pencemaran yang diakibatkan peternakan sehingga masyarakat dapat menanggulangi dan memahami betapa pentingnya aturan-aturan dalam suatu usaha peternakan di Desa Batu Begigi Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi.

 

Kata-kata kunci:   Peternakan Unggas, Kesehatan Lingkungan, Fungsi Manifes,                              Fungsi Laten


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 759 times
PDF - 421 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02