INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT DALAM MENYIKAPI KONFLIK SARA DI DESA PENIBUNG KECAMATAN HILIR KABUPATEN MEMPAWAH

AGUS LESTARI NIM. E1041141041

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interaksi sosial di dalam masyarakat terhadap beredarnya isu konflik yang berunsur SARA (Suku Agama Ras Antargolongan). Penelitian ini dikaji lebih dalam berkaitan dengan isu suku atau etnis yang berpotensi konflik di Desa Penibung. Berawal dari adanya perkelahian pemuda antara dua desa yang berbeda etnis, Desa Penibung yang mayoritas etnis melayu sedangkan Desa Pasir mayoritas etnis Madura. Inilah memunculkan reaksi masyarakat terhadap penyebaran isu yang berunsur SARA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian dipilih secara snowball sampling serta beberapa masyarakat lainnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya interaksi sosial masyarakat yang asosiatif maupun disosiatif. Masyarakat yang saat itu sedang berkonflik segera ditangani sejumlah tokoh dan elemen masyarakat, sehingga situasi dapat tertangani yang dibuktikan dengan penandatanganan kesepakatan damai. Teori yang digunakan yaitu teori interaksi sosial menurut Gillin dan Gillin serta teori konflik menurut Lewis Alfred Coser. Teori interaksi sosial mencakup proses sosial asosiatif dan disosiatif seperti yang berlangsung di Desa Penibung dalam bentuk akomodasi. Sedangkang Teori Konflik menurut Coser yang lebih mengarah pada fungsionalisme konflik ini juga menunjukkan bahwa dengan adanya konflik dengan pihak lain ini dapat memperkuat ikatan dan solidaritas internal dalam menghadapi situasi konflik. Maka, dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi pihak berkepentingan yang sesuai dengan permasalahan penelitian ini.

 

Kata-kata Kunci : Interaksi Sosial, Perkelahian Pemuda, Isu

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1050 times
PDF - 722 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02