DAMPAK PERNIKAHAN DINI PADA SUKUBANGSA DAYAK KANAYATN DI DESA SUKA DAMAI KECEMATAN LEDO KABUPATEN BENGKAYANG

ANDIKA BARBARA PUTRA NIM. E51110020

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh begitu maraknya kasus pernikahan yang terjadi di Desa Suka Damai, ironisnya pelaku pernikahan ini adalah para remaja sehingga pernikahan yang dilakukan tergolong pernikahan dini. Penelitian ini mengkaji pernikahan dini khususnya pernikahan dini yang terjadi pada masyarakat Suku Bangsa Dayak Kanayatn. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif serta menggunakan teori fungsionalisme struktural dan teori tindakan sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pernikahan dini ternyata disebabkan oleh berbagai faktor seperti faktor ekonomi keluarga yang berada dibawah garis kemiskinan, kurangnya pendidikan yang didapat, faktor media massa dan teknologi, faktor salahnya pergaulan dan faktor adat istiadat yang masih kuat. 2) Pernikahan dini juga ternyata memiliki berbagai dampak negatif yang paling ketara (tampak) ialah sulitnya keluarga hasil dari pernikahan dini untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari – hari karena kebanyakan dari mereka yang melakukan pernikahan dini belum memiliki pekerjaan tetap atau masih bergantung kepada kedua orangtua. 3) Kasus perceraian semakin tinggi menyebabkan banyak dari pelaku pernikahan dini mejadi singel parent (orangtua tunggal) diusia pernikahan yang baru. 4) Ternyata pernikahan dini tidak melulu berdampak negatif ternyata pernikahan dini dapat mengubah kepribadian dan kebiasaan seseorang contohnya dulu cuek tidak mau berkerja, sering keluar di malam hari, selalu membangkang atau membantah kepada orang tua menjadi lebih kalem dan lebih bertanggung jawab dengan status sosial baru yang dimiliki.

 

Kata-kata Kunci  Remaja,  Pernikahan Dini, Single Parents


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 944 times
PDF - 669 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02