POLA INTERAKSI INTELIJEN KEAMANAN POLRI DENGAN MASYARAKAT DALAM MEMBANTU TUGAS KAMTIBMAS DI POLSEK MENTEBAH KABUPATEN KAPUAS HULU

HENNY AYU WIDYASTI NIM. E1041141050

Abstract


Skripsi ini berjudul pola interaksi intelijen keamanan polri dengan masyarakat dalam membantu tugas kamtibmas di Polsek Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan dan menganalisis proses kerjasama antara intelijen keamanan polri dengan masyarakat dalam membantu tugas kamtibmas  yang terjadi di Kecamatan Mentebah. (2) mendeskripsikan dan menganalisis motif dan dampak  kasus kamtibmas yang terjadi di Kecamatan Mentebah. (3) mendeskripsikan dan menganalisis bentuk akomodasi yang dilakukan oleh intelijen dengan masyarakat dalam menangani kasus kamtibmas di Kecamatan Mentebah. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah kapolsek Mentebah, intelijen Polsek Mentebah, pemerintah, dan masyarakat Kecamatan Mentebah. Hasil penelitian ini menunjukan adanya proses kerja sama antara pihak intelijen dan masyarakat, terutama dalam menyampaikan informasi setiap kasus kamtibmas terjadi, serta bersama-sama melakukan sosialisasi, penyuluhan dan penggalangan dengan pemerintah untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat untuk mencegah kasus kamtibmas yang terjadi di Kecamatan Mentebah. Motif dari kasus kamtibmas yang terjadi karena emosi yang tidak terkendali, gangguan kejiwaan, permasalahan ekonomi, adanya kesempatan untuk melakukan tindakan kamtibmas, keseringan menonton film porno dan rasa dendam terhadap korban. Sedangkan dampak dari kasus kamtibmas yang terjadi di Kecamatan Mentebah karena keresahan didalam diri masyarakat, dimana masyarakat merasa tidak aman didalam lingkungan tempat mereka tinggal, menimbulkan kerugian bagi korban yang mengalami kasus kamtibmas, menimbulkan ketakutan dan rasa trauma bagi korban dan masyarakat. Untuk bentuk akomodasi dalam menyelesaikan kasus kamtibmas di Kecamatan Mentebah, pihak intelijen kepolisian melakukan penggalangan, guna menyelidiki kasus kamtibmas yang terjadi, sehingga melakukan negosiasi, mediasi, hukum adat dan jalur hukum pidana dengan pihak yang terkait.

 

Kata kunci: Pola Interaksi, Intelijen Keamanan dan Kasus Kamtibmas

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 592 times
PDF - 524 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02