POLA HUBUNGAN SUAMI DAN ISTRI YANG BEKERJA SEBAGAI TENAGA KERJA INDONESIA DI MALAYSIA (Studi Di Desa Simpang Empat Kecamatan Tangaran Kabupaten Sambas)

Ratnasari Ratnasari, Chainar Chainar, Syarmiati Syarmiati

Abstract


Ratnasari: Pola Hubungan Suami dan Istri Yang Bekerja Sebagai Tenaga Kerja Indonesia Di Malaysia (Studi Di Desa Simpang Empat Kecamatan Tangaran Kabupaten Sambas). Skripsi. Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjunpura. Pontianak. 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pola hubungan suami istri di desa Simpang Empat Kecamatan Tangaran, mendiskripsikan tentang kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan, kebutuhan cinta, kasih dan sayang, pada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan menganalisis dampak yang di timbulkan akibat dari suami yang bekerja sebagai TKI di Malaysia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori hierarki kebutuhan yang dikemukankan oleh Abraham Maslow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pola hubungan suami istri yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia memiliki bebagai masalah antara lain : (1) faktor utama sebagian dari pekerja Tenaga Kerja Indonesia adalah sulitnya mencari pekerjaan di desa dan godaan gaji yang ditawarkan cukup tinggi dibandingkan bekerja di daerah. (2) sulitnya menjaga hubungan suami istri yang berjauhan, salah satu cara yang digunakan oleh pasangan suami istri yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia aladah lewat komunikasi via telepon seluler dan rasa saling percaya satu sama lain. (3) dampak yang di timbulkan dari suami yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia adalah pola asuh anak yang dimana seorang anak kehilangan sosok ayah untuk membimbingnya dan tidak banyak dari mereka juga sering di tinggal dan di titipkan ke orang lain karena ibunya juga ikut bekerja. Terkait dengan hal tersebut maka penulis menyarankan agar para pasangan suami istri  dapat saling percaya satu sama lain dan terhindar dari masalah perselingkuhan dan kedua orang tua harus lebih memberi perhatian terhadap anak agar mereka tidak merasa terasingkan karena kesibukan pekerjaan orang tuanya.

Kata Kunci: Pola Hubungan Suami Istri, Tenaga Kerja Indonesia, Kebutuhan


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A (2009). Psikologi Sosial.Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, M. (2006).Sosiologi komunikasi.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gidden, A. (2003). Runaway World Bagaimana Globalisasi Merombak Kehidupan Kita.Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.

Goode, W, J.(2002). Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bumi Aksara Jakarta.

Haryanta, A, T dan Sujatmiko, E. (2012).Kamus Sosiologi. Surakarta: PT. Aksarra Sinergi Media

Ihromi, T.O. (2004). Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Lestari, S. (2012).Psikologi Keluarga.Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Lestari, S.(2012).Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Prenada Media Group.

Moleong.(2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakara.

Ritzer, G. (2014).Teori Sosiologi Modern.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santoso, Slamet. (2010). Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Satori,& Komariah.(2009). Metode Penelitian Kualitatif.Bandung: Alfabeta.

Soekanto, S dan Sulistyowati, M. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiono.(2009). Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Rujukan Internet :

Karsidi, R. (2009). Pola Hubungan Dalam Keluarga (Suatu Kajian Manajemen Keluarga). Diakses pada tanggal 15 Juni 2017 dari http://ravik.staff.uns.ac.id/2009/10/23/pola-hubungan-dalam-keluarga-suatu-kajian-manajemen-keluarga/

Undang-Undang Republik Indonesia.(2003). Tentang ketenagakerjaan. Diakses pada tanggal 15 Juni 2017 dari https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/tk/UU13-2003Ketenagakerjaan.pdf

Wijayati, D. (2014).Pola Komunikasi dalam Mempertahankan Hubungan Perkawinan.Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta. (Diakses pada tanggal 12 november 2016 dari http://www.jurnalkommas.com/docs/JURNAL%20DEWI%20ANISA%20WIJAYATI%20D1211016%20POLA%20KOMUNIKASI%20DALAM%20MEMPERTAHANKAN%20HUBUNGAN%20PERKAWINAN.pdf)


Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF - 372 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02