PERUBAHAN MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT PERBATASAN SETELAH PEMBANGUNAN POS LINTAS BATAS NEGARA (PLBN) DI DESA ENTIKONG KECAMATAN ENTIKONG

Leni Mardianti, Hasanah Hasanah, Syf Ema Rahmaniah

Abstract


Perubahan Mata Pencaharian Masyarakat Perbatasan Setelah Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau.Metode pengolahan data dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan pencaharian masyarakat perbatasan dan untuk mengetahui apa motivasi mereka beralih mata pencaharian. Dalam skripsi ini menjelaskan apa yang menjadi penyebab dan bagaimana masyarakat yang sebagian besar mulanya bermata pencaharian sebagai petani beralih mata pencaharian sebagai buruh pikul di sekitar PLBN Entikong. Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang di bangun oleh pemerintah menyebabkan meningkatnya perdagangan jalur resmi namun tidak mengurangi jumlah perdagangan melalui jalur yang ilegal dikarenakan peraturan yang berlaku. Untuk menghindari petugas beacukai para pedagang yang akan membawa barang masuk kewilayah Indonesia menggunakan jasa buruh pikul yang melintasi jalur hutan sekitar PLBN, semakin meningkatnya pedagang yang membutuhkan jasa pikul menyebabkan banyak masyarakat beralih mata pencaharian sebagai buruh pikul dengan berbagai kendala yang dihadapi, mulai dari jalan yang terjal hingga petugas yang berjaga di hutan. Masyarakat yang semulanya bertani beralih menjadi buruh pikul karena penghasilan sebagai buruh pikul bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari

Kata kunci : Masyarakat Perbatasan, Pos Lintas Batas Negara, Buruh Pikul.


 


Full Text:

PDF

References


Emzir.2012. Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Indraddin dan Irwan. 2016. Strategi dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Deepublish

Martono, Nanang. 2012. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Mustofa, Bisri dan Maharani. 2008. Kamus Lengkap Sosiologi. Yogyakarta: Panji Pustaka.

Mutakin, Awan., Dasim Budimansyah., dan Gurniawan Kamil Pasya. 2004. Dinamika Masyarakat Indonesia.Bandung: PT Genesindo.

Nawawi, Hadari. 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahmaniah, Syarifah E. 2015. Model Pembangunan Perbatasan Berbasis Human Development dan Human Security.Jakarta: Mitra Wacana Media.

Soepomo, Iman. 2003. Pengantar Hukum Perburuhan .Jakarta: Djambatan.

Soetomo.2012. Keswadayaan Masyarakat Manifest Kapasitas Masyarakat Untuk Berkembang Secara Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syani, Abdul. 2012. Sosiologi skematika,teori dan terapan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Referensi Skripsi

Delpinus. 2018. Dinamika Sosial Masyarakat Perbatasan Sebelum dan Sesudah Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk di Desa Sebunga Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas. Skripsi., Universitas Tanjungpura.

Widodo, Ludwi. 2016. Penyeludupan Gula Di Perbatasan Entikong Studi Fenomenologi Tentang Keterlibatan Individu Dalam Praktek Penyeludupan Gula Di Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau. Skripsi., Universitas Tanjungpura.

Pradana, Adhitya. 2019. Perubahan Ekonomi Masyarakat Yang Berada Di Sekitar Pembangunan PLTU (Studi Kasus Di Desa Jungkat Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah).Skripsi., Universitas Tanjungpura.

Referensi Jurnal Online

Maisondra. 2019. “Strategi Dan Dampak Pembangunan Kawasan PLBN Entiong Dalam Meningkatkan Perdagangan Dan Keamanan Keamanan Wilayah Indonesia.” Diakses Desember 20, 2020. https://doi.org/10.33701/jipsk.v4i2.761


Article Metrics

Abstract view : 330 times
PDF - 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02