EKSPLOITASI ANAK JALANAN ( STUDI KASUS ANAK JALANAN DI KECAMATAN PONTIANAK SELATAN)

Jamaludin E51110038

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk eksploitasi dan apa saja faktor yang  menyebabkan  terjadinya  eksploitasi  anak  jalanan  di  Kecamatan  Pontianak  Selatan . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini informan dibagi menjadi dua yaitu informan pangkal dan informan kunci yang ditentukan secara Snowball. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk eksploitasi anak jalanan di Kecamatan Pontianak Selatan adalah yang biasa dilakukan oleh orang tua, yang diterima anak jalanan secara psikologis dan  fisik.  sedangkan faktor penyebab eksploitasi anak  jalanan  di Kecamatan  Pontianak  Selatan  disebabkan  oleh  berbagai  macam  faktor,  mulai  dari  faktor ekonomi, Pengangguran dan Pendapatan yang rendah, sosial budaya, serta pendidikan yang rendah. Faktor ekonomi menjadi sebab bagi eksploitasi anak, karena banyak orang tua dari anak jalanan yang tidak memiliki pekerjaan tetap (pengangguran) sehingga penghasilan rendah, akibatnya anak dijadikan sapi perah untuk menghasilkan uang.

Kata Kunci : Bentuk Eksploitasi, Anak Jalanan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1568 times
PDF - 2842 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02