FENOMENA PERNIKAHAN DI USIA MUDA DI KECAMATAN PONTIANAK BARAT KOTA PONTIANAK

MILDA ITARES NIM. E51109039

Abstract


Pernikahan usia muda sering membawa masalah karena tingkat pengendalian emosi dari pasangan usia muda belum stabil. Dalam sebuah pernikahan akan dijumpai berbagai permasalahan yang menuntut kedewasaan dalam penanganannya sehingga sebuah pernikahan tidak dipandang sebagai kesiapan materi belaka, tetapi juga kesiapan mental dan kedewasaan untuk mengarunginya. Fokus penelitian pada faktor-faktor yang menyebabkan usia pernikahan muda dan dampaknya bagi kehidupan pasangan suami istri muda di kecamatan Pontianak barat. Tujuan penelitian : pertama ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan usia pernikahan muda di kecamatan pontianak barat, kedua ingin mengetahui bagaimana dampak pernikahan usia muda terhadap relasi suami istri dalam pernikahan tersebut.

Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenalogi yaitu ilmu yang beorientasi untuk mendapatkan penjelasan dari realitas yang tampak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, karena penelitian ini di pandang mampu menganalisis realitas sosial secara mendetail. Hasil penelitian ada enam faktor yang menyebabkan seseorang melakukan pernikahan di usia muda diantaranya faktor : pendidikan, ekonomi, psikologis, budaya, lingkungan, dan orang tua.

 

Kata-kata Kunci : Fenomena, Pernikahan Usia Muda


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1422 times
PDF - 4327 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02