POTRET KEMISKINAN MASYARAKAT DI KOTA PONTIANAK (Studi Tentang Kemiskinan Masyarakat di Kelurahan Tanjung Hilir Kecamatan Pontianak Timur )

FIRDIS NIM. E51110039

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis mengenai faktor penyebab kemiskinan yang terjadi pada masyarakat di Kelurahan Tanjung Hilir serta mendeskripsikan bentuk kemiskinan yang terjadi pada masyarakat miskin di Kelurahan Tanjung Hilir. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Dalam penelitian ini, menggunakan indikator dalam memahami kemiskinan. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kemiskinan yang terjadi di kelurahan Tanjung Hilir adalah kemiskinan struktural yang disebabkan oleh faktor struktural seperti, sistem kebijakan pemerintah yang tidak optimal dalam menjalankan program yang tertuang dalam RPJM maupun program PKH sehingga mengakibatkan masih rendahnya tingkat pendidikan masyarakat, pemerataan pembangunan berkaitan dengan sarana dan prasarana seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, kurangnya peluang kerja, rendahnya akses masyarakat terhadap permodalan. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memperkaya wawasan pengetahuan, sebagai bahan referensi bagi peneliti selanjutnya untuk membangun konsep baru yang berkaitan dengan kemiskinan. Sedangkan secara praktis penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan dan sumber informasi bagi pemerintah, dalam melihat daerah yang menjadi sasaran pembangunan.

 

Kata-kata Kunci : Kemiskinan Struktural,Sistem Kebijakan, RPJM, PKH

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1617 times
PDF - 1003 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02