HUBUNGAN PATRON KLIEN PADA MASYARAKAT NELAYAN DESA KUALA KARANG KECAMATAN TELUK PAKEDAI KABUPATEN KUBU RAYA

AHMAD MAULANA NIM. E51110044

Abstract


Pendapatan ekonomi utama masyarakat di Desa Kuala Karang adalah menangkap ikan dengan pendapatan yang tidak menentu serta hanya bermodal pengalaman dan keterampilan seadanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sosial ekonomi yaitu mengenai hubungan kerja baik dalam pembagian kerja, pembagian hasil serta hubungan sosialnya antara patron klien. Selain itu mengenai dampak dari  hubungan patron klien terhadap kehidupan masyarakat nelayan. Penelitian ini mengunakan penelitian deskriptif yaitu tipe yang memberikan gambaran tentang hubungan sosial, hubungan kerja dan sistem bagi hasil antara juragan dan nelayan serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat nelayan dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan proses wawancara. Penelitian ini mengunakan teori Strukturasi Anthony Giddens dengan menganalisis tiga gugus yang membentuk struktur signifikasi, dominasi dan legitimasi bagaimana patron dapat mengikat dan mmepertahankan status quo terhadap klien. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat diketahui bahwa hubungan kerja serta pembagian hasil antara juragan dan nelayan bukan hanya didasari pada aspek sosial melainkan juga didasari pada aspek ekonomi dan juga aspek ketergantungan namun dengan posisi tawar menawar yang tidak seimbang karena kehidupan nelayan sangat tergantung dengan adanya pinjaman dan fasilitas yang diberikan oleh juragan dan juragan pun memanfaatkan hal tersebut sebagai jaminan dan kontrak kerja untuk mengikat sehingga timbul hubungan patron klien antara juragan dan nelayan. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan dalam upaya pengembangan disiplin ilmu, khusunya sosiologi yang menyangkut tentang hubungan sosial ekonomi masyarakat nelayan serta kerjasama yang dapat terjalin. Kesimpulan penelitian ini adalah hubungan patron klien melalui utang dimanfaatkan juragan dalam membentuk skema utang budi dalam mengikat nelayan dan dimanfaatkan juragan dalam membentuk skema utang budi dalam mengikat nelayan dan kemudian melakukan monopoli jual beli hasil tangkapan nelayan dengan harga yang murah.

Kata-kata kunci: Kemiskinan, Masyarakat Nelayan, Patron Klien    

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2001 times
PDF - 3894 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02