FAKTOR PENDORONG DAN PENARIK PEMULUNG DI KECAMATAN PONTIANAK TENGGARA

ASNAH NIM. E51111048

Abstract


Pemulung merupakan seseorang yang memiliki pekerjaan sebagai pencari barang yang sudah tidak layak pakai. Pekerjaan pemulung juga merupakan pekerjaan di sektor informal yang mana pekerjaan tersebut sebagai pekerjaan sampingan bagi masyarakat di Kecamatan Pontianak Tenggara yang tidak memiliki pekerjaan tetap. 

Penelitian ini mendeskripsikan faktor pendorong dan penarik pemulug dan kerja sama yang ada di kalangan pemulung di Kecamatan Pontianak Tenggara. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kulitatif dengan pendekatan desktiptif. Informan penelitian ditentukan dengan Purposive Sampling.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori Sektor Informal oleh Keith Hart. Keterkaitan antara teori dan penelitian yaitu teori ini menjelaskan bahwa angkatan kerja yang ada di kota tidak terikat dan tidak tetap, dan keadaan ekonomi masyarakat sangat rendah sehingga menimbulkan berbagai faktor pendorong dan penarik  masyarakat melakoni pekerjaan sebagai pemulung.  

Berdasarkan hasil penelitan di lapangan menunjukan sebagai berikut. Pertama, yang menjadi faktor pendorong dan penarik seseorang menjadi pemulung antara lain, faktor pendorong : faktor ekonomi, sulitnya mencari pekerjaan, tingkat pendidikan yang rendah, dan kekurangan modal, sedangakan faktor penariknya yaitu tidak diperlukan keterampilan khusus, bisa meningkatkan pendapatan, dan karna tidak ada pekerjaan.  Kedua, kerja sama yang baik antar pemulung pada dasarnya hanya terjadi pada pemulung yang memiliki hubungan kekeluargaan. Selain itu hubungan yang  baik juga terjadi antara pemulung dengan penampung dimana pemulung akan menjual  hasil kerjanya  kepada para penampung sehingga memerlukan komunikasi yang baik antara keduanya. Masyarakat yang melakukan urbanisasi dari desa ke kota menimbulkan kepadatan penduduk di kota khusunya di kota pontianak sehingga menyebabkan berbagai persoalan seperti terbatasnya lapangan pekerjaan. Sempitnya lapangan pekerjaan mengakibatkan masyarakat harus bekerja di berbagai pekerjaan sektor informal misalnya bekerja sebagai pemulung.

 

Kata - kata kunci : Pemulung, Faktor Pendorong, Faktor Penarik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1357 times
PDF - 1922 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02