PENDIDIKAN GRATIS DAN PERUBAHAN SOSIAL (Studi Pada Masyarakat Desa Pulau Kumbang Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara)
Abstract
Program pendidikan gratis yang diadakan oleh pemerintah daerah Kayong Utara menyebabkan peningkatan pendidikan pada masyarakat desa Pulau Kumbang. Dimana peningkatan pendidikan membuat suatu perubahan sosial pada masyarakat. Masyarakat desa Pulau Kumbang mengalami perubahan pola pikir, saat ini mereka mempunyai pola pikir yang lebih maju dan berkembang serta memandang pendidikan adalah suatu hal yang penting untuk merubah kehidupan sosial atau ekonomi mereka.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan mengenai kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, mendeskripsikan mengenai motivasi orang tua akan pendidikan anaknya, mendeskripsikan mengenai respon masyarakat akan pendidikan gratis dan mendeskripsikan mengenai program pendidikan gratis dan perubahan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan perspektif deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori Kontruksi Sosial oleh Peter L Barger dan Thomas Luckman dan teori Rasionalitas Manusia Oleh Max Weber. Keterkaitan antara teori dan penelitian yaitu teori ini menjelaskan bahwa Program pendidikan gratis yang diadakan oleh pemerintah Kayong Utara merupakan salah satu bentuk kontruksi yang diadakan oleh pemerintah Kayong Utara kepada masyarakat. Konstruksi yang dibuat oleh pemerintah Kayong Utara yaitu dalam bentuk program pendidikan gratis. terjadi juga suatu perubahan pola pikir atau pandangan masyarakatnya mengenai hal- hal yang irasional menjadi rasional. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa, masyarakat desa Pulau Kumbang beranggapan bahwa pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia. Pendidikan berperan dalam mengubah nasib seseorang kedepannya menjadi lebih baik. Hal itulah yang memotivasi para orang tua dalam menyekolahkan anak-anaknya. Dengan adanya program pendidikan gratis yang diadakan oleh pemerintah daerah Kayong Utara, masyarakat merespon dengan baik sebab mereka merasa terbantu sekali dalam memberikan pendidikan kepada anak-anaknya tanpa membayar biaya pendidikan. Adanya program pendidikan gratis dan partisipasi masyarakat yang tinggi membuat tingkat pendidikan pada masyarakat desa Pulau Kumbang mengalami peningkatan. Peningkatan pendidikan pada masyarakat desa Pulau Kumbang mengakibatkan adanya perubahan sosial, dimana masyarakat mengalami perubahan pola pikir.
Kata kunci : Pendidikan gratis, Peningkatan, Perubahan Sosial, Pendidikan
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1104 timesPDF - 965 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02