KONTROL SOSIAL TERHADAP PENGKONSUMSI MINUMAN KERAS DI DESA SUNGAI DURI KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN BENGKAYANG

MANDA WISMO NIM. E51111009

Abstract


Masalah-masalah minuman keras dewasa ini banyak menimbulkan dampak negatif terhadap pengkonsumsi dan orang yang ada sekitarnya. Di Desa Sungai Duri kontrol masyarakat terhadap pengkonsumsi minuman keras masih sangat lemah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana dinamika pengkonsumsi minuamn keras dan dampak mengkonsomsi minuman keras serta bentuk kontrol sosial masyarakat terhadap pengkonsumsi minuman keras yang di Desa Sungai Duri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengkonsumsi minuaman keras, dan masyarakat sekitarnya, yang ditentukan dengan metode purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa kontrol masyarakat terhadap pengkonsumsi minuaman keras di Desa Sungai Duri masih sangat lemah. Bentuk kontrol masyarakat terhadap pengkonsumsi minuaman keras hanya sebatas menegur dan melihat. Bahkan sebagian dari mereka tidak perduli dengan pengkonsumsi minuman keras tersebut. Ketidakpedulian masyarakat terhadap pengkonsumsi minuman keras bukan hanya karena mereka memang tidak peduli, namun sebagian dari mereka takut terhadap pengkonsumsi minuman keras yang apabila mereka tegur akan marah dan memukul mereka serta hal itu tentunya akan membahayakan mereka dan keluarga mereka. Disisi lain kontrol aparat desa dan kepolisian di Sungai Duri juga masih dapat dikatakan kurang karena mereka hanya menegur, kalau memang ada yang menagkap hanya di introgasi lalu disuruh pulang. Dengan lemahnya kontrol dan kepedulian masyarakat terhadap pengkonsumsi minuamn keras di Desa Sungai Duri membuat jumlah pengkonsumsi minuamn keras di Desa Sungai Duri terus meningkat setiap tahunnya. Penulis menyarankan umumnya pada masyarakat maupun pemerintah untuk saling berkerja sama dalam mengontrol pengkonsumsi minuman keras, agar terwujud Indonesia yang bebas dari minuman keras.

Kata-kata Kunci: Kontrol, Masyarakat, Pengkonsumsi Minuman Keras.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1082 times
PDF - 1171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02