POLA ASUH ANAK BAGI PASANGAN YANG MENIKAH DI USIA DINI DI DESA SIJANG KECAMATAN GALING KABUPATEN SAMBAS PROVINSI KALIMANTAN BARAT

EVA NIM. E51111019

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola asuh pada pasangan yang menikah di usia dini dan faktor yang menyebabkan mereka menikah di usia dini serta hubungan pasangan usia dini dengan orang tua mereka di Desa Sijang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pasangan yang menikah di usia dini dan orang tua dari pasangan yang menikah di usia dini, yang ditentukan dengan metode purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa pola asuh anak dari pasangan yang menikah di usia dini di Desa Sijang masih kurang peduli terhadap anak dan bergantung pada orang tua mereka, serta pola asuh yang diterapkan pasangan yang menikah di usia dini lebih pada pola asuh penelantaran. Banyak diantara pasangan yang menikah diusia dini ini belum mampu mengurus anaknya sendiri dikarenakan faktor umur mereka yang masih muda, pengetahuan yang masih sangat minim, dan terlebih lagi mereka pun masih mementingkan urusan pribadi mereka ketimbang harus mengurus anak mereka.Sehingga dengan hal tersebut membuat orang tua mereka ambil andil dalam mengurus anak mereka, yang pada akhirnya menimbulkan masalah antara mereka dengan orang tua mereka.

Kata-kata Kunci: Pola Asuh Anak, Usia Dini, Orang Tua


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1524 times
PDF - 2424 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02