STIGMA SOSIAL TERHADAP PENYANDANG DIFABEL DI KECAMATAN PONTIANAK BARAT

MUTASIM NIM. E51110053

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis mengenai stigma sosial terhadap penyandang difabel di kecamatan Pontianak barat serta mendeskripsikan respon penyandang difabel terhadap stigmatisasi dari masyarakat di kecamatan pontianak barat.Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penilitan di lapangan para penyandang difabel umumnya masih seringmendapatkan stigma dan terpinggirkandalam kehidupanbermasyarakat. seperti misalnya anggapan bahwa penyandang difabel tidak bisa bekerja ataupun ejekan orang orang terhadap kondisi fisik difabel. Proses interaksi sosial difabel di dalam lingkungan masyarakat menjadi terganggu. Selain itu, permasalahan yang juga dihadapi difabel antara lain, aksesibilitas, diskriminasi, maupun masalah kesejahteraan sosial. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memperkaya wawasanpengetahuan, sebagai bahan referensi bagi peneliti selanjutnya untuk membangun konsep baru yang berkaitan dengan stigma sosial terhadap penyandang difabel. Sedangkan secara praktis penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan dan sumber informasi bagi pemerintah, dalam menangani permasalahan penyandang difabel.

 

Kata-kata Kunci :Stigma, Difabel, Aksesibilitas, Diskriminasi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1752 times
PDF - 2857 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02