DAMPAK MUSIK UNDERGROUND TERHADAP PERILAKU REMAJA DI KOTA SANGGAU (Studi tentang Perilaku Remaja Komunitas Underground di Kota Sanggau)

DANAR GILANG SUHENDRA NIM. E51110047

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis mengenaiDampak Musik Underground yang Mempengaruhi Pola Pikir dan Perilaku Remaja di Kota Sanggau.Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Dalam penelitian ini, menggunakan indikator dalam memahami Musik Underground. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik Purposivepada remaja usia 15-18 tahun. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa musik underground yang telah lama berkembang di Kota Sanggau yang membawa dampak negatif bagi pola pikir dan perilaku remaja seperti pada pola pikirnya yaitu dengan hidup konsumtif, membangkang lebih banyak berontak dengan mencoba keluar dari setiap aturan yang ada dalam masyarakat dan kehidupan di sekolah. Sedangkan pada perilakunya yaitu dengan mulai mencoba untuk merokok, minum minuman keras, mencuri, melakukan seks bebas, bahkan parahnya ada yang mulai mengkonsumsi narkoba, sehingga banyak protes yang berdatangan baik dari pemerintah maupun dari masyarakat Kota Sanggau itu sendiri. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memperkaya wawasanpengetahuan, sebagai bahan referensi bagi peneliti selanjutnya untuk menyampaikan arti sebenarnya yang berkaitan dengan musik underground.Sedangkan secara praktis penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan dan sumber informasi bagi pemerintah, dalam membantu para remaja dan memberikan dukungan mengenai pengadaan acara musik Underground dan membantu memberikan kejelasan tentang keberadaan dan dampak positif dari musik tersebut.

 

Kata-kata Kunci :Musik Underground, Pola Pikir, Perilaku.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1638 times
PDF - 1632 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

SOCIOLOGIQUE, jurnal Mahasiswa S-1 Sosiologi Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia 

ISSN: 2442-5273

SK LIPI no. 0005.329/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02