INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN PUBLIK PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I KOTA PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui Indek Kepuasan Masyarakat atas pelayanan public dalam pembuatan paspor pada Kantor Imigrasi Kelas 1 Kota Pontianak Kalimantan Barat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif yaitu menggambarkan atas hasil analisis statistik deskriptif dengan mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat yaitu mencari Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sesuai dengan Kepmenpan RB Tahun 2009. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey dengan alat bantu berupa kuesioner, dengan skor nilai 1 sampai 4 skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Secara umum Indeks Kepuasan Masyarakat atas pelayanan paspor pada Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak secara keseluruhan adalah sudah baik dengan nilai sebesar 71,72775 yang berada rentang nilai 62,51 – 81,25, sesuai kriteria pengukuran nilai IKM adalah pada kriteri baik. Artinya pelayanan terkait empat belas unsur pelayanan terkait prosedur, persyaratan, kecepatan, ketepatan, kewajaran biaya, kesesuaian biaya, kepastian pelayanan, kedisiplinan petugas, tanggungjawab dan kemampuan petugas, kesopanan dan keramahan, kenyamanan dan keamanan pelayanan, masyarakat secara umum menilai baik. Sedangkan jika dilihat per unsur pelayanan pada pembuatan paspor maka terdapat satu unsur pelayanan yang dirasakan oleh masyarakat belum maksimal yaitu terkait kecepatan pelayanan. Masyarkat menilai pelayanan yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak masih kurang cepat atau lamban, terkait dengan kecepatan pelayanan yang dirasa pemohon masih lamban, maka beberapa saran yaitu hendaknya melengkapi persyaratan pelayanan yang diminta sebelum ke Kantor Imigrasi, datang lebih awal sebelum jam kerja 08.00 WIB sehingga antrian belum banyak, melakukan pembayaran ke bank hari itu juga, sehingga paspor cepat diproses sesuai waktu yang dijanjikan yaitu 3 hari kerja.
Kata Kunci : Pelayanan Paspor, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)
Full Text:
PDF 118-137DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fproyeksi.v22i2.2435
Article Metrics
Abstract view : 1257 timesPDF 118-137 - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
INDEXING