Implementasi Kebijakan Pemungutan Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan Di Kecamatan Subah Kabupaten Sambas

Rasidar Rasidar

Abstract


Penelitian ini didasarkan atas adanya kondisi belum tercapainya tujuan implementasi kebijakan peralihan BPHTB di Kecamatan Subah Kabupaten Sambas secara efektif, hal ini terlihat antara lain, belum mendorong Pemerintah kabupaten Sambas untuk meningkatkan penerimaan BPHTB, target yang telah ditetapkan belum tercapai. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini data primer maupun sekunder yang diperoleh dari semua pihak yang terkait dalam implementasi kebijakan peralihan BPHTB. Hasil penelitian belum efektifnya implementasi kebijakan BPHTB di Kabupaten Sambas disebabkan antara lain belum adanya pengorganisasian implementasi kebijakan dengan baik, hal ini dapat diketahui bahwa kebijakan tersebut belum dibuat SOP pelaksana kebijakan, koordinasi antar implementor belum berjalan, belum adanya kebijakan turunan sehingga standar pelayanan terutama aparat desa masih menggunakan standar pelayanan yang berbeda-beda. Dengan adanya perbedaan interpretasi atau kurangnya pemahaman karena belum adanya petunjuk pelaksanaan yang jelas untuk melaksanakan kebijakan, sehingga para pelaksana kebijakan menganggap bahwa pencapaian tujuan kebijakan pengelolaan BPHTB berada sepenuhnya di BKD. Belum dibuatnya peraturan-peraturan yang berkaitan dengan operasional kegiatan yang jelas sehingga masing-masing instansi belum termotivasi untuk mengoptimalkan pengelolaan BPHTB terutama dalam pendataan objek/ subjek pajak. Dengan kondisi tersebut maka perlu dibentuk tim koordinasi yang bersifat tetap yang dapat mengkoordinir semua implementor dengan baik agar tujuan kebijakan dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Keywords


Implementasi Kebijakan BPHTB, Pengorganisasian, Interpretasi, Aplikasi.

Full Text:

PDF

References


Bovenberg, A. Lans. 2003. “Tax Policy and Labor Market Performance” dalam CESifo Working Paper No. 1305, tersedia pada www.CESifo.de

Ciamarra, Ugo Pica. 2009. Basic in Policy Analyssi: How Governments Should Design and Impelemnt Policies. Washington: Easypol. FAO.

Creswell, John W., 2010, Research Design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Denzin, Norman K. dan Yvonna Lincoln. 2005. The SAGE Handbook of Qualitative Research. Thousand Oaks: Sage Publication.

Dye, Thomasd R. 2000. Understanding Public Policy. New York: Perentice Hall.

EdwardIII,GeorgeC. 1980.ImplementingPublicPolicy.Washington: CongressionalQuarterly Press.

Harun, Hamrolie, 2004. Analisis Peningkatan PAD, Yogyakarta: BPFE.

Halim, Abdul, dan Muhammad Iqbal, 2012. Pengelolaan Keuangan Daerah, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hartoyo,HarrydanUntungSupardi.2010. MembedahPengelolaanAdministrasiPBB &BPHTB. Jakarta: MitraWacanaMedia.

Hill, Michael, dan Peter Hupe. 2002. Implementing Public Policy. London: Sage Publication.

Husein,MuhammadFakhridanAmin Wibowo,2002, SistemInformasiManajemen, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Islamy. M. Irfan. 2000. Prinsip-Prinsip Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Jogiyanto, 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jones, O. Charles. 1984, An Introduction to the Study ofPublic Policy Third Edition, California: Brooks/Cole Publishing Company.

Kosasih, Eva Maria S, Abdul Yusuf, 2012, Analisis Sistem Pajak BPHTB Dari Pajak Pusat Menjadi Pajak Daerah Terhadap PAD Kabupaten Karawang, Banten: Unsika.

Kumorotomo, W. (2008). Desentralisasi fiskal: Politik dan perubahan kebijakan 1974-2004. Jakarta: Prenada Media.

Khusaini, M. (2006). Ekonomi publik: Desentralisasi fiskal dan pembangunan daerah. Malang: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya (BPFE Unibraw).

Larasati S, Endang,2007.Regulasi Pelayanan Publik Di Indonesia, Badan Penerbit UniversitasDiponegoroSemarang.

Mazmanian, Daniel A. Sabatier, Paul A. 1983. Implementation and Publik Policy. USA: Scott, Foresman and Company.

Mardiasmo, 2009. Perpajakan Edisi Revisi 2009, Yogyakarta: ANDI.

Mc.Nabb, David E. 2002. Research Method in Public Administration and Nonprofit Management: Quantitative and Qualitative Approach. M.E. Sharpe, Armonk, New York.

Mile, Matthew. B. dan A. Michael Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis. Second Edition. London.

Moleong, L.J.. 2002. Metode Penelitian Kualitatif (Cetakan ke 6), Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musgrave, Richard A and Peggi Musgrave. 1989. Public Finance in Theory and Practice. New York, McGraw Hill, 5th edition.

Muluk, M. R. K. (2006). Desentralisasi dan pemerintahan daerah. Malang: BayumediaPublishing.

Neuman, W. Lawrence,2013. Metodologi Penelitian Sosial : Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Jakarta: Indeks.

Nugroho, Riant , 2004, Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Rusjdi,Muhammad.2005, Pajak BumidanBangunan,BeaPerolehanHak atasTanah dan Bangunan, dan BeaMeterai. Jakarta: PT.Indeks.

Siahaan, Marihot P, 2005. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Supriyanto, Heru. 2010. Cara Menghitung PBB, BPHTB, dan Bea Meterai. Jakarta: PT.Indeks.

Tachjan. H, 2006, Implementasi Kebijakan Publik, Bandung: AIPI.

Tjahjono, Achmad dan Triyono Wahyudi, 2005. Perpajakan Indonesia :Pendekatan Soal Jawab dan Kasus. Jakarta: PT. RajaGrafindo,

Wahab, Solichin Abdul. 2006. Analisis Kebijakan; dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fproyeksi.v27i2.3400

Article Metrics

Abstract view : 368 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

View My Stats 

 

INDEXING