MEDIA MASSA DAN E-COMMERCE: DAMPAK SHOPEE TERHADAP GAYA HIDUP DAN NILAI KULTURAL KONSUMEN

Halimatussa’diyah Halimatussa’diyah, Firdausi Nuzula, Najwa Malikah, Kholis Ridho

Abstract


Perkembangan teknologi informasi di era digital telah mengubah media massa menjadi media digital yang mendukung aktivitas komersial, seperti integrasi e-commerce oleh platform Shopee. Hadirnya e-commerce tidak hanya mengubah perilaku konsumsi masyarakat, tetapi juga mempengaruhi gaya hidup dan nilai-nilai budaya konsumen Indonesia. Adapun penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perubahan perilaku belanja, preferensi, serta pandangan terhadap nilai-nilai tradisional akibat kehadiran platform belanja online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik survei atau jajak pendapat berupa kuesioner. Dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa e-commerce seperti Shopee memberikan dampak signifikan terhadap perubahan gaya hidup, pola konsumsi, dan nilai kultural di masyarakat, khususnya di kalangan Gen Z.

Keywords


budaya; e-commerce shopee; gaya hidup; generasi z

Full Text:

PDF 83-95

References


Ananda, Rusydi, Amiruddin. (2017). INOVASI PENDIDIKAN: Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan. Widya Puspita

Dewayani, Y. I. (2024). Analisis Diskriminan Pengaruh Budaya, Gaya Hidup, E-Wom, Dan Fomo Terhadap Keputusan Pembelian Online Berdasarkan Platform E-Commerce Pada Mahasiswa FKIP UNS. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 10236–10244.

Fauziah, G. U., Nurochani, N., & Nopianti, N. (2022). Pengaruh Fasilitas (Fitur) E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 254–267.

Hadi, Ido Prijana, dkk. (2021). Komunikasi Massa. Qiara Media.

Herlina, R. (2022). Pengaruh E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. JOURNAL ISLAMIC ECONOMICS AD DIWAN, 2(1), 35–42.

Innayah, A., Mustofa, Z., & Mukminin, A. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Siswa Melalui Program Kelas Keterampilan TKR (Tata Kecantikan Kulit dan Rambut) Dan TOKR (Teknik Otomotif dan Kendaraan Ringan) di MAN 2 Ngawi. Jurnal Tawadhu, 7(1), 24–32.

Loisa, Riris, G. Genep Sukendro, Muhammad Gafar Yoedtadi. (2019). Komunikasi Massa. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Maidiana. (2021). Penelutuan Survey. Alacrity: Journal of Education, 20–29.

Muniarty, P., Rimawan, M., Dwiriansyah, M. S., & Nurullah, D. (2023). Pengaruh E-Commerce Terhadap Prilaku Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Shopee di Kota Bima). Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN), 1(2), 365–374.

Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Kharisma Putra Utama.

Oskar, D. P., Prinoya, R. W., Novita, W., & Johan, H. (2022). E-Commerce, Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online melalui Platform TikTok. Jurnal Ekobistek, 442–447.

Saswiana, S. (2020). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian Produk Online Shop (Studi Kasus Mahasiswa STIEM Bongaya Makassar). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(1), 60–69.

Setyariningsih, E. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (E-Commerce) Lazada Di Kota Mojokerto. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 2(2), 150–164.

Sinambela, L. P. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatfi,Kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif Kombinasi dan R&D. In Alfabeta Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fproyeksi.v29i2.4784

Article Metrics

Abstract view : 2085 times
PDF 83-95 - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

View My Stats 

 

INDEXING