PERAN SOUTHEAST ASIAN MINISTERS OF EDUCATION ORGANIZATION (SEAMEO) DALAM EDUCATION 4.0 DI INDONESIA TAHUN 2016-2019

Stephanie Via Febby Vanaloan, Nurfitri Nugrahaningsih, Viza Juliansyah

Abstract


       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran SEAMEO dalam education 4.0 di Indonesia pada tahun 2016-2019. Peran yang dilakukan oleh SEAMEO menarik untuk dibahas karena education 4.0 merupakan adopsi dari revolusi industri ke-4. Istilah Revolusi Industri ke-4 digunakan untuk merujuk pada era di mana aplikasi teknologi tinggi pada komputer dan komunikasi dapat memberikan kualitas hidup yang lebih baik dan dapat menghilangkan peran maupun beban tertentu yang umumnya dilakukan manusia. Dalam menghadapi revolusi industri ke-4, kualitas SDM merupakan faktor penting. Untuk dapat menciptakan SDM yang mampu beradaptasi dengan revolusi industri ke-4 maka harus dibekali dengan pendidikan yang menyesuaikan dinamika revolusi industri ke-4, atau yang lebih dikenal dengan education 4.0. SEAMEO sebagai organisasi regional Asia Tenggara yang berfokus pada pengembangan pendidikan, sains, dan budaya di kawasan dengan ini merespon melalui 7 Priority Areas yang salah satunya berfokus pada education 4.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka. Kerangka teoritis yang digunakan dalam penelitian yaitu teori Peran Organisasi Internasional dari Clive Archer. Konsep yang digunakan ialah konsep Organisasi Internasional, konsep Revolusi Industri ke-4 dan Konsep Education 4.0. Penggunaan teori dan konsep tersebut dinilai relevan terkait isu yang dibahas dalam skripsi ini. Berdasarkan hasil penelitian, Peran SEAMEO diantaranya: Sebagai instrumen yaitu SEAMEO melalui SEAMOLEC bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia dalam education 4.0 di Indonesia dengan menciptakan perangkat SIERRA, menyelenggarakan pelatihan MAGIS Camp 2016 dan 2017, Digital Comic, Simulasi Digital, Southeast Asian Creative Camp tahun 2018 dan 2019; Sebagai arena yaitu SEAMEO melalui SEAMEO Secretariat menyelenggarakan rapat atau pertemuan tahunan dalam SEAMEO Council Conference dan Strategic Dialogue Education Ministers; Peran SEAMEO sebagai aktor independen secara signifikan dapat dilihat dari keputusannya terkait 7 Priority Areas yang disetujui oleh anggotanya.

 

Kata Kunci: Southeast Asian Ministers of Education Organization; Revolusi Industri ke-4; Education4.0.


Full Text:

PDF

References


Buku :

Aoun, J. E. (2017). Robot-Proof: Higher Education in the Age of Artificial Intelligence. Massachusetts: The MIT Press.

Archer, C. (2001).International Organizations. London: Taylor & Francis e-Library.

Dugis, V., Susilo, I. B., Dharmaputra, R., Wardhani, B., & Wicaksana, I. G. (2016). Teori Hubungan Internasional, Perspektif-Perspektif Klasik. Surabaya: Cakra Studi Global Strategis.

Karns, M. P., & Mingst, K. A. (2015). Intrnational Organizations: The Politics and Processes of Global Governance. Colorado: Lynne Rienner Publisher.

Jackson, R., & Sorensen, G. (2009). Introduction to International. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Perwita, A. A., & Yani, Y. M. (2017). Pengantar Ilmu Hubungan Internasional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Artikel Jurnal :

Himmetoglu, B., Aydug, D., & Bayrak, C. (2020). Education 4.0: Defining The Teacher, The Student, And The School Manager Aspects Of The Revolution. Turkish Online Journal of Distance Education , 12-28.

Patel, K. K., & Patel, S. M. (2016). Internet of Things-IOT: Definition, Characteristics, Architecture, Enabling Technologies, Application & Future Challenges. International Journal of Engineering Science and Computing, 6122-6131.

Prathidina, E. (2020). Education 4.0: Pergeseran pendidikan sebagai konsekuensi revolusi industri 4.0. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum , 1-12.

Puncreobutr, V. (2016). Education 4.0: New Challenge Of Learning. St. Theresa Journal of Humanities and Social Sciences .

Putriani, J. D., & Hudaidah. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan , 831-838.

Sharma, P. (2019). Digital Revolution of Education 4.0. International Journal of Engineering and Advanced Technology (IJEAT) , 3558-3564.

Suryadi, A., & Pazli. (2015). Kepentingan Indonesia Menyepakati Kerjasama Ekonomi Dengan Slovakia Dalam Bidang Energi Dan Infrastruktur. JOM FISIP , 1-15.

Berita Online :

Baenanda, L. (2019, Mei 2). Sejarah dan Perkembangan Revolusi Industri. Diakses Maret 8, 2021, dari Binus University.

Bisnis Indonesia. Belum Tersentuh Meski Tak Terpencil. (2018, Juli 20). Diakses Juni 20, 2021, dari: https://tinyurl.com/ycy8m98c

CNN Indonesia. (2020, April 3). Jokowi Sebut 433 Desa Belum Dapat Aliran Listrik. Diakses Juni 20, 2021, dari https://tinyurl.com/2zawbzc

Detik Travel. (2020, November 20). Luas Wilayah Indonesia Lengkap Daratan dan Lautan. Diakses Juni 11, 2021, dari https://tinyurl.com/ypsn296d

Ita. (2020, Juni 23). UNESCO: 260 Juta Anak Tidak Punya Akses ke Pendidikan. Diakses Februari 2021, 2021, dari Detik News: https://tinyurl.com/3tnd2zyy

Kasih, A. P. (2020, April 5). Nilai PISA Siswa Indonesia Rendah, Nadiem Siapkan 5 Strategi Ini. Diakses Juni 11, 2021, dari Kompas.com: https://tinyurl.com/yhd9v9pr

Kurniawan, A. (2020, April 3). Hadapi Revolusi 4.0 Dunia Pendidikan Harus Bagaimana? Diakses Januari 10, 2021, dari Kompas.com: https://tinyurl.com/mry

Laksono, A. (2018, November 3). 3D Augmented Reality. Diakses Juli 5, 2021, dari Indonesian AR VR Facebook Group: https://tinyurl.com/2p9x2nkn

Laksono, A. (2018, November 2). Biopore to Prevent Flooding. Diakses Juli 5, 2021, dari Indonesian AR VR Facebook Group: https://tinyurl.com/ycknv33n

Laksono, A. (2019, April 9). Virtual Computer Assembly. Diakses Juli 5, 2021, dari Indonesian AR VR Facebook Group: https://bit.ly/3wF5K5O

Lic, A. (2018, November 15). AURIV-AR School Project SEAMOLEC. Diakses Juli 5, 2021, dari Youtube.com: https://www.youtube.com/watch?v=g7il92_dXBc

Moore, M. (2019, November 5). What is Industry 4.0? Everything You Need To Know. Diakses Januari 17, 2021, dari TechRadar: https://www.techradar.com/news/what-is-industry-40-everything-you-need-to-know

Theffidy, S. (2020, Maret 13). Pendidikan Era Revolusi Industri di Tengah Covid-19. Diakses Maret 6, 2021, dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--pendidikan-era-revolusi-industri-40-di-tengah-covid-19

Zubaidah, N. (2015, Oktober 7). Pusat Penelitian Pendidikan IndonesiaTerbanyak Se-Asia Tenggara. Diakses Maret 6, 2021, dari OkeZone News: https://tinyurl.com/2nwj3byt

Skripsi :

Sumiati, W. (2018). Upaya Southeast Asian Ministers Of Education (SEAMEO) Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) Poin 4.2 Periode 2017-2018. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wardiqa, R. E. (2017). Upaya Southeast Asian Minister Of Education (SEAMEO) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Asia Tenggara Pada Era Asean Economic Community. Skripsi Universitas Jember.

Website :

Badan Pusat Statistik. (2021, Januari 21). Hasil Sensus Penduduk 2020. diakses Januari 21, 2021, https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus penduduk-2020.html

Centre for Research on International Cooperration University of Tsukuba. (2020, Februari 13). The New Education for Sustainable Development. Diakses Juni 14, 2021, https://tinyurl.com/2p9byf49

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. diakses25 Juni 2021, Dari Academia Edu.

SEAMEO Secretariat. (2019). SEAMOLEC Annual Report 2018-2019. Bangkok: SEAMEO.

SEAMEO SEAMOLEC. (2016). Mobile Application Goethe Institute and SEAMOLEC Camp 2016. Diakses Juni 15, 2021, https://seamolec.org/projects/4

SEAMEO SEAMOLEC. (2019). SEAMOLEC Participated in the Exhibition of Vocational Schools' Creative Products. Diakses Juni 13, 2021,https://www.seamolec.org/article/seamolec-participated-in-the-exhibition-of-vocational-schools-creative-products

SEAMEO SEAMOLEC. (2020). SIERRA: An Innovation for 21st Century Education. Diakses Juni 17, 2021, https://seamolec.org/sierra.

SEAMEO SEAMOLEC. (2018). Simulasi Digital. Diakses Juni 15, 2021, https://seamolec.org/simdig

SEAMEO Secretariat. (2020). SEAMEO Regional Centres. Diakses Januari 7, 2021, dari https://www.seameo.org/Main_centres/117

SEAMEO Secretariat. (2020). What is SEAMEO?Diakses Januari 7, 2021, dari http://www.seameo.org/SEAMEOWeb2/index.php?option=com_content&view=article&id=90&Itemid=518

Southeast Asian Creative Camp. (2018). Creative Camp 2018. Diakses Juni 16, 2021, http://creativecamp4.seameo.org/

United Nations Development Programme. (2020). Human Development Reports. Diakses Februari 3, 2021, dari http://hdr.undp.org/en/data

Dokumen Resmi :

SEAMEO Secretariat. (2019). SEAMOLEC Annual Report 2018-2019. Bangkok: SEAMEO.

SEAMEO Secretariat. (2015). SEAMEO 101. Bangkok: SEAMEO.

SEAMEO Secretariat. (2017). SEAMEOPriority Areas + Action Agenda 2016-2020. Bangkok:

SEAMEOSEAMEO Secretariat. (2017). SEAMOLEC Annual Report 2016-2017. Bangkok: SEAMEO


Article Metrics

Abstract view : 592 times
PDF - 368 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.