STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK HENDRA GUSTIAWAN DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA MALIKIAN DI KECAMATAN MEMPAWAH HILIR TAHUN 2017
Abstract
Penelitian ini mencoba menguraikan strategi komunikasi politik melalui pemasaran politik yang dilakukan oleh Hendra Gustiawan dan Tim Suksesnya dalam Pemilihan Kepala Desa Malikian tahun 2017 di Kecamatan Mempawah hilir, Kabupaten Mempawah. Dengan melihat permasalahan ini, maka peneliti tertarik untuk meneliti strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh Kepala Desa terpilih dan Tim Suksesnya dalam menggalang suara. Teori yang digunakan untuk menjelaskan permasalahan ini adalah Teori pemasaran politik Nursal (2007), dengan tiga pendekatan yaitu Push Marketing, Pass Marketing, dan Pull Marketing. Metode penelitian yang peneliti gunakan ialah dengan melakukan studi kepustakaan yaitu dengan membaca berbagai bahan bacaan seperti jurnal dan beberapa literatur lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini terlebih dahulu sebelum turun ke lapangan.sementara untuk teknik pengumpulan datanya peneliti menggunakan teknik pengumpulan data secara umum yakni dengan melakukan wawancara dan dokumentasi, setelah itu data tersebut peneliti analisa dengan menggunakan tiga komponen di dalam teknik analisa data seperti reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan data. Hasil penelitian ini ialah bahwa Kepala Desa terpilih melakukan silaturahmi ke setiap rumah warga dalam rangka mendengarkan permasalahan yang masyarakat hadapi sekaligus menyampaikan visi misi dan programnya serta Kepala Desa terpilih juga membuat perjanjian politik/ kontrak kerja kepada tokoh pemuda dengan membangun sarana keolahragaan seperti lapangan bulu tangkis dan lapangan bola voli, selain itu untuk mendongkrak suaranya Kepala Desa terpilih juga menggunakan brosur yang dibagikan kepada masyarakat dan di tempelkan di setiap warung serta spanduk yang di pasang pada bak mobil pic up saat arak-arakan selain itu spanduk tersebut juga di pasang di setiap persimpangan jalan desa. Diharapkan untuk Kepala Desa terpilih seyogyanya menjalankan visi misi serta program yang sudah dijanjikan kepada masyarakat, dan masyarakat juga harus berpartisipasi aktif serta mengawasi setiap program yang akan dilaksanakan oleh Kepala Desa terpilih.
Kata-kata Kunci: Strategi Komunikasi Politik, Pemasaran Politik, Desa Malikian, Kepala Desa Terpilih
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2F2177
Article Metrics
Abstract view : 1859 timesPDF - 1532 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
ASPIRASI, jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Politik Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/aspirasi
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia