KOMUNIKASI GENERASI MILENIAL DALAM MERESPON TAGAR 2019 GANTI PRESIDEN
Abstract
Haris:Komunikasi Politik Generasi Milenial Dalam Merespon Tagar 2019GantiPresiden. Skripsi Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura Pontianak 2019. Penulisan Skripsi ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan mengenai dampak Tagar 2019 Ganti Presiden dalam pemillihan Presiden tahun 2019, dengan melihat respon Generasi Milenial. Permasalahan dampak Tagar ini cukup menarik untuk dilakukan penelitian mengingat dampak tersebut sangat besar pengauhnya terhadap bentuk perubahan perilaku dan tingkat partisipasi masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah teori dari Ball Rokeah dan De Fleur (dalam Nuruddin, 2004). Indikator dalam melihat dampak Tagar 2019 Ganti Presiden tersebut ada tiga kreteria yaitu Kognitif yang berkaitan dengan pengetahuan komunikan terhadap pesan yang disampaikan, Afektif berkaitan dengan pemahaman komunikan terhadap pesan yang disampaikan, dan Konatif yang berkaitan dengan perubahan perilaku Indikator di atas sebagai metode dalam melihat dampak yang terjadi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dampak Tagar 2019 Ganti Presiden yang berpengaruh terhadap perubahan perilaku dan partisipasi politik terjadi dengan melihat respon tagar tersebut dikalangan mahasiswa prodi ilmu politik angkatan 2015 Fisip Untan, Pengetahuan masyarakat pada informasi yang diterima menentukan tingkat analisis pesan politik dan penyampaian persepsi yang juga akan mempengaruhi kepada masyarakat lainya. Pemahaman masyarakat dalam hal ini juga mempengaruhi bagaimana nilai politik itu tersampaikan dengan baik dengan tidak menghilangkan makna nilai tersebut. dampak akhir dari tagar tersebut, yang berdampak pada perubahan sikap dan patisipasi politik masyarakat, karane proses awal yang terjadi dari pengetahuan, pemahaman hingga perubahan tersebut dikalangan masyarakat.
Kata Kunci: Dampak Komunikasi, Generasi Milenial, Pengetahuan Komunikan, Pemahaman Komunikan dan Perubahan Perilaku.
MILLENNIAL GENERATION POLITICAL COMMUNICATION IN RESPONDING TO THE 2019 REPLACE PRESIDENT HASHTAG
ABSTRACT
Haris : Millennial Generation Political Communication in Responding to the 2019 Replace The President Hashtag. Undergraduate Thesis, Political Science Study Program, Faculty of Social and Political Science, Tanjungpura University Pontianak 2019. The writing of this undergraduate thesis aims to provide knowledge about the impact of the 2019 Replace The President Hashtag in the election of the President in 2019 bay looking at the response of Millennial Generation. The problem of the hashtag impact is quite interesting to do research on considering that the impact had very big influence on the form of behavior change and the level of community participation. The research method used is a theory from Ball Rokeah and De Fleur (in Nuruddin, 2004). There are three criteria in seeing the impact of 2019 Replace The President hashtag, namely Cognitive related to communicant’s knowledge of the message delivered, Affective related to the communicant’s understanding of the message conveyed, and Conative related to the change in behavior. The above indecators are methods of seeing the impact. The results of this study showed that the impact of 2019 Replace The President Hashtag which influenced the behavior change and political participation by looking at the hashtag response among students of the 2015 political science study program of Faculty of Social and Political Sciences, Tanjungpura University, Public knowledge on the information received determines the level of analysis of political messages and the delivery of perception will also affect other communities. Public understanding in this case also influenced how political values were conveyed properly by not eliminating the meaning of those values. The final impact of the hashtag, which had an impact on changing attitudes and political participation of the community, because the initial process that occurred from knowledge, understanding to changes among the community.
Keywords: Communication Impact, Millennial Generation, Communicant’s Knowledge, Communicant’s Understanding and Behavior Change.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2F2529
Article Metrics
Abstract view : 1610 timesPDF - 1158 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
ASPIRASI, jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Politik Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/aspirasi
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia