STRATEGI POLITIK PARTAI KOALISI DALAM KEMENANGAN PASANGAN CITRA DUANI DAN EFFENDI AHMAD DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN KAYONG UTARA TAHUN 2018

Dewi Susanti NIM. E1051151038, Asmadi *, Herri Junius Nge *

Abstract


Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui marketing politik partai koalisi dalam kemenangan pasangan Citra Duani dan Effendi Ahmad dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kayong Utara Tahun 2018,ditinjau dari teori Marketing Politik, Skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara kepada informan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa marketing politik yang digunakan partai koalisi bisa ditinjau dengan teori Marketing Politik yang didalamnya terdapat tiga pendekatan yaitu, push marekting yaitu melalui kegiatan kampanye politik yang dilakukan partai koalisi dan tim sukses dengan menggunakan pertemuan akbar dan bakti sosial dan bertemu secara langsung dengan masyarakat untuk menyampaikan produk politik yang dimiliki pasangan Citra-Effendi, pull marketing yaitu penyampaian produk politik dengan memanfaatkan media massa seperti penyampaian isu politik dengan menggunakan media cetak dan media online yaitu Facebook, youtube dan pemasangan baliho di persimpangan jalan, dan pass marketing yaitu penyampaian produk politik kepada pihak-pihak yang memiliki pengaruh di masyarakat seperti tokoh Osman sapta Odang, dalam melaksanakan marketing politik pasangan Citra Duani-Effendi Ahmad partai koalisi lebih menitikberatkan melalui pendekatan Pass Marketing yaitu menggunakan tokoh yang memiliki pengaruh di Kabupaten Kayong Utara yaitu sosok Osman Sapta Odang.




Kata Kunci: Marketing Politik, Partai Koalisi, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati

 

ABSTRACT

Dewi Susanti: Political Marketing of the Coalition Parties in the Victory of Cira Duani and Effendi Ahmad Pair in the Election of Regent and Vice Regent of Kayong Utara Regency in 2018. Undergraduate thesis. Political Science Study Program of the Faculty
of Social and Political Sciencesof Tanjungpura University. Pontianak 2019.
The aim of this thesis writing is to find out about the political marketing of coalition partiesin the victory of Citra Duani and Effendi Ahmad pair in the Election of Regent and Vice Regent of North Kayong Regency in 2018, reviewed from the Political Marketing theory. This thesis uses descriptive research type with a qualitative method wiht data collection techniques in the form of documentation and interviews with informants. The results of this study show that the political marketing used by the coalition parties can be reviewed with the Political Marketing theory in which there are three approaches, namely push marketing, namely through political campaign activities carried out by coalition parties and campaign teams by using public gatherings and social services and meet directly with the public to deliver political products of the Citra-Effendi pair. Pull marketing is the delivery of political products by utilizing mass media, such as the delivery of political issues using print and online media, such as Facebook, Youtube and billboard installation at the crossroads, and pass marketing, namely the delivery of political products to those who have influence in society such as Osman Sapta Odang. In carrying out political marketing of the Citra Duani-Effendi Ahmad pair, the coalition party emphasizes more on the pass marketing approach,namely using figureswho have theinfluence in North Kayong Regency namely the figure of Osman Sapta Odang.


Keywords : Political Marketing, Coalition Parties, Election of Regent and Vice Regent


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2F2552

Article Metrics

Abstract view : 1699 times
PDF - 1028 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

ASPIRASI, jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Politik Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/aspirasi

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia