STRATEGI MARKETING POLITIK PRABOWO SANDI PADA PILPRES 2019 DI KECAMATAN TELUK BATANG KABUPATEN KAYONG UTARA

Eka Fitriani E1051151025, Jumadi Jumadi, Ira Patriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses yang dilakukan tim pemenangan dalam menjalankan serta mensukseskan “Strategi Marketing Politik Prabowo Sandi pada Pilpres 2019 di Kecamatan Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara”. Metode yang digunakan oleh peneliti ialah deskripstif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata - kata tertulis atau tulisan dari orang - orang dan perilaku yang diamati. Adapun Teori yang digunakan ialah tentang “Marketing Politik” Firmanzah, ia mengemukakan dalam sebuah marketing politik harus terdapat empat aspek penting dalam pelaksanaanya yaitu produk, tempat, harga dan promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat aspek tersebut Kegiatan atau Strategi Promosi merupakan aspek yang paling dominan Karena berkaitan dengan pengenalan Figur Prabowo Subianto - Sandiaga Salahudin Uno dan visi misi kepada masyarakat itu sendiri dan bukan berarti mengabaikan aspek lain tetapi dalam pelaksanaanya Promosi memang sangat berpengaruh, dengan semakin seringanya tim pemenangan melakukan promosi serta dilakukan sesuai mekanisme tentunya akan sangat berpengaruh terhadap hasil perolehan suara .

Kata Kunci : Strategi, Marketing Politik, Promosi, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahudin Uno


Full Text:

PDF

References


Buku :

Cangara, Hafied. 2014. Komunikasi

Politik. Jakarta : PT

RajaGrafindo Persada.

Cangara, Hafied. 2011. Komunikasi

Politik., Konsep, Teori dan

strategi, jakarta

Rajawali Pers.

Cangara, Hafied 2016. Komunikasi

Politik; Konsep, Teori, dan

Strategi. Jakarta:Raja

Grafindo Persada.

Efriza. 2012. Political Explore.

Bandung : Alfabeta

Firmanzah. 2008. Marketing Politik.

Jakarta : Yayasan Pustaka

Obor Indonesia.

Firmanzah. 2012. Marketing Politik.

Jakarta : Yayasan Pustaka

Obor Indonesia.

Kriyantono, Rahmat. 2012. PR

Writing: Teknik Media

Public Relation dan

Publisitas Korporat. Jakarta.

Kencana.

Kurnia. Dedi 2012. Media dan

politik, Menenukan Relasi

antara Simbolik-

Mutualisme Media dan

Politik. Yaogyakarta : Ghara

Ilmu.

Masyhuri dan Zainuddin. 2008.

Metode Penelitian Pendekatan

Praktis dan Aplikatif.

Bandung : PT.Refika Aditama.

Moleong, Lexy J. 2011. Metode

Penelitian Kualitatif. Bandung

: PT. Remaja Rosda Karya.

Nursal, Adman. 2004 Political

Marketing Strategi

Memenangkan Pemilu.

Jakarta : PT. Gramedia Pustaka

Utama.

Satori dan Komariah. 2009. Metode

Penelitian Kualitatif.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Memahami

Penelitian Kualitatif.

Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Memahami

Penelitian Kualitatif.

Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, 2009. Metode penelitian

pendidikan pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Bandung. Alfabeta.

Dokumen-Dokumen

Undang-undang Nomor 7 Tahun

Tentang Pemilihan Umum

SKRIPSI

Saputra, Muhammad Ichsan.

Skripsi : Marketing

Politik Pasangan Kepala

Daerah Dalam Pemilukada.

Studi Kasus Tim Sukses

Pemenangan Pasangan Abah

Anton dan Sutiaji dalam

Pemilukada Kota Malang

Jurusan Administrasi

Publik Fakultas Ilmu

Administrasi Universitas

Brawijaya Malang.

Zulkarnain, Muhammad Haris. 2016.

Skripsi : Marketing Politik

Koalisi Merah Putih dalam

pemilihan Presiden 2014 di

Kota Pontianak. Prodi Ilmu

Politik Fakultas Ilmu Sosial

Dan Ilmu Politik Universitas

Tanjungpura Pontianak.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Faspirasi.v8i3.2589

Article Metrics

Abstract view : 2014 times
PDF - 1162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

ASPIRASI, jurnal Mahasiswa S-1 Ilmu Politik Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/aspirasi

Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia