PELAYANAN PUBLIK DALAM PENERBITAN KARTU KELUARGA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN SAMBAS

Rabiah Nawarisma NIM E1032131022, Hj. Sri Haryaningsih *, Tri Hutomo *

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan dan menganalisis apa saja yang menyebabkan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sambas masih belum optimal. Metode penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendiskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta–fakta atau fenomena–fenomana yang terjadi di lapangan. Dalam penelitian kualitatif manusia merupakan instrument penelitian dan hasil penulisannya berupa kata – kata atau penyataan yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerapkan ada 6 faktor pendukung pelayanan yang mempunyai pengaruh relatif sama besar sebagai berikut: Faktor Kesadaran, Faktor Aturan, Faktor Organisasi, Faktor Pendapatan, Faktor Kemampuan dan Keterampilan, Faktor Sarana Pelayanan. Namun ada beberapa yang belum sesuai dengan keinginan masyarakat antara lain ketidaknyamanan tempat pelayanan termasuk sarana dan prasarana yang masih belum lengkap. Untuk mengatasi permasalahan khusus dalam pengrurusan pembuatan Kartu Keluarga, diharapkan ke depannya akan lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat

Kata Kunci : Kualitas, pelayanan, publik

 

ABSTRACT the aim of this study is to describe and analyze what causes the quality of public services in the Sambas Regency Population and Civil Registry Office is still not optimal. The qualitative research method is often called naturalistic research method because the research is conducted in natural conditions. This research is a qualitative descriptive study aimed at describing events and phenomena that occur in the field and presents data systematically, factually, and accurately about facts or phenomena occurring in the field. In qualitative research, humans are the research instruments and the results of their writing are the form of word or statements that are in accordance with the actual circumstances. The results of this study showed that the quality of public services in the Office of Population and Civil Registry implements consist of 6 supporting factors that have relatively the same significant influence as follows: awareness Factors, Regulation Factors, Organizational Factors, Income Factors, Ability and Skill Factors, Service Facility Factors. However, there are some aspects that are not yet in accordance with the aspiration of the community, including the inconvenience of service places such as incomplete facilities and infrastructure. To overcome specific problems in the management of issuing Family Cards, it is expected that the future it will be better in providing services to the community.

Keywords: Quality, Services, Public


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fgov.v9i1.2572

Article Metrics

Abstract view : 1662 times
PDF - 1750 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Governance, Ilmu Pemerintahan Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/governance

ISSN: 2442-4587

SK LIPI Nomor: 0005.260/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02

©2012-2017 Governance Fisip Untan All Rights Reserved