PATOLOGI BIROKRASI DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MELAWI
Abstract
Penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengetahui faktor penyebab terjadinya patologi birokrasi dalam pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Melawi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini ditentukan melalui teknik purposive sampling dan accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa terdapat sejumlah bentuk patologi birokrasi dalam pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Melawi di antaranya yaitu kurangnya koordinasi, kreativitas yang rendah, kemampuan aparatur yang rendah, ketidaktelitian aparatur, adanya praktik percaloan (biro jasa), perbedaan/ diskriminasi pelayanan, kurang disiplin, dan rendahnya responsivitas. Beberapa bentuk patologi birokrasi tersebut dipengaruhi oleh lima faktor yaitu, persepsi dan gaya manajerial para pejabat di lingkungan birokrasi, rendahnya pengetahuan dan keterampilan aparatur, pelanggaran terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan, perilaku para birokrat yang bersifat disfungsional dan situasi internal dalam berbagai instansi pemerintahan. Saran dari penelitian ini adalah perlunya dilakukan pelatihan intensif terkait pentingnya moral dan pemahaman terhadap tugas dan tanggungjawab sebagai aparat negara; perlunya inovasi-inovasi baru, baik dalam rangka peningkatan pengawasan maupun dalam rangka peningkatan pelayanan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan publik melalui peningkatan pemanfaatan Electronic Goverment yaitu dengan membuat website instansi; dan diperlukannya pemahaman yang tepat mengenai paradigma birokrasi yang ideal sebagai tolak ukur efektivitas kegiatan yang dilakukan serta diperlukannya teknik untuk mengatasi masalah patologi birokrasi tersebut melalui Total Quality Management (TQM).
Kata Kunci: Patologi Birokrasi, Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan
The writing this undergraduate thesis aims to identify, analyze and determine the factors that cause bureaucratic pathology in population administration services at the Office of Population and Civil Registry of Melawi Regency. This stidy uses descriptive research with qualitative research methods with data collection techniques through observation, interviews and documentation. The subjects in this study were determined through purposive sampling and accidental sampling techniques. The results of research and data analysis conducted by the researcher show that there are a number of forms of bureaucratic pathology in public services at the Office of Population and Civil Registry of Melawi Regency such as lack of coordination, low creativity, low ability of the officials, inaccuracy, service discrimination, lack of discipline, and low responsiveness. Some forms of bureaucratic pathology are affected by four factors, namely, perceptions and managerial style of the officials in the bureaucratic environment, low knowledge and skills of the officials, violations of legal norms and legislation, dysfunctional behavior of bureaucrats and internal situations in various government agencies. Suggestions from this research are, among others: the need for intensive training related to the importance of morals and understanding of duties and responsibilities as state officials; the need for new innovations, both in terms of improving supervision to improve services and to facilitate the public in accessing public services through increasing the use of Electronic Government, namely by creating websites; and the need for a proper understanding of the ideal bureaucratic paradigm as a measure of the effectiveness of activities carried out to make it happen, as well as the need for affective techniques to overcome the problem of bureaucratic pathology through Total Quality Management (TQM).
Keywords: Bureaucratic Pathology, Public Service, Population Administration
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Bungin, Burhan. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana
Dwiyanto, Agus.2002. Reformasi Birokrasi Indonesia. Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan.
--------------------.2011. Mengembalikan Kepercayaan Publik Melalui Reformasi Birokrasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Salemba Empat.
Islamy, M. Irfan. 2007. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.
Ismail, H.M. 2009. Politisasi Birokrasi. Malang: Ash-Shiddiqy Press.
Kristanto, V. H. 2018. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Laurens, Samson. 2015. Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa Publik Berdimensi Biaya Transaksi. Yogyakarta: Pensil Komunika.
Moelong, L. I. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
--------------------.2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munandar, S.C. Utami. 1985. Kreativitas dan Keberbakatan Startegi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rachmawati, Yeni. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ratminto dan Atik, Septi Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju.
Siagian, Sondang P. 1994. Patologi Birokrasi: Analisis, Identifikasi dan Terapinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sinambela, L. P. 2006. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
-----------. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
-----------. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Sulistiyani, Ambar Teguh. 2004. Memahami Good Governance. Yogyakarta: Gava Media.
Tangkilisan, Hessel Nogi. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Gramedia Widia.
Thoha, Miftah. 1991. Perspektif Peilaku Birokrasi. Jakarta: Rajawali Pers.
-------------------. 2003. Kepemimpinan dalam Manajemen suatu Pendekatan Perilaku. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.
Referensi Dokumen :
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.
Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 09/M.PAN/05/2007 tentang Pedoman Penyusunan Indikator Kinerja Utama di Lingkungan Instansi Pemerintah.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Hari Kerja dan Jam Kerja di Lingkungan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tahun 2004 tentang Prinsip Pelayanan Publik.
Peraturan Bupati Melawi Nomor 42 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja.
Keputusan Bupati Melawi Nomor 156 Tahun 3016 tentang Penetapan Indikator Kinerja Utama di Lingkungan Pemerintah Melawi tahun 2016-2021.
Referensi Elektronik :
Arifin, Muhammad Nurul. 2017. Patologi Birokrasi Dalam Pelaksanaan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Pinrang. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Diakses dari http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temp orary/... pada 12 Februari 2020, pukul 13.29 WIB.
Melinda, Ivonni Yona, dkk. 2019. Akuntabilitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Purus Kota Padang. Jurnal. Universitas Hasanuddin. Vol. 5 No. 2. Diakses dari http://journal.unhas.ac.id/index.... pada 10 Februari 2020 pukul 13.22 WIB.
Ombusman Republik Indonesia. 2019. Ombudsman RI Serahman Penilaian kepatuhan Pelayanan Publik di Kalbar. Diakses dari https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwk--ombudsman-ri-serah-penilaian-kepatuhan-....pada 10 Februari 2020, pukul 10.24 WIB.
Pemprov Kalbar. 2019. Wagub Kalbar Minta Disdukcapil Bangun Inovasi Jemput Bola. Diakses dari kalbarprov.go.id/berita/wagub-kalbar-minta-disdukcapil-bangun-inovasi-jemput-bola.html... pada 10 Februari 2020, pukul 10.32 WIB.
RRI Jambi. 2020. Ombudsman RI Masih Temukan Adanya Diskriminasi dan Pungli dalam Pelayanan Publik. Diakses dari https://rri.co.id/jambi/daerah/783531/..pada 11 Februari 2020, pukul 6.56 WIB.
Saputra, Dermawan. 2017. Patologi Birokrasi dalam Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Panakkukang). Skripsi. Universitas Hasanuddin. Diakses dari https://scholar.google.com/citations?user=.... pada 12 Februari 2020, pukul 13.00 WIB.
Utari, Dian. 2017. Pelayanan Publik Masih Buruk, Ke Mana Reformasi Birokrasi? Diakses dari https://matakita.co/2017/12/28/pelayanan-publik-masih-buruk-kemana-reformasi birokrasi/… pada 19 Februari 2020 pukul 17.17 WIB.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fgov.v9i4.2685
Article Metrics
Abstract view : 2780 timesPDF - 1493 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Governance, Ilmu Pemerintahan Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/governance
SK LIPI Nomor: 0005.260/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02
©2012-2017 Governance Fisip Untan All Rights Reserved