KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI DESA PENYAHO DANGKU KECAMATAN NGABANG KABUPATEN LANDAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai dalam pembuatan Akta Kelahiran, E-KTP pada Kantor desa penyaho dangku kabupaten landak. Penelitian ini didasarakan atas permasalahan kinerja pegawai dalam pembuatan akta dan E-KTP kepada masyarakat. pemerintah merupakan organisasi yang memiliki kewenangan untuk membuat dan menerapkan hukum. Selain itu Pemerintah juga memiliki kewajiban dalam pelayanan kebutuhan publik salah satu bagian administrasi. Administrasi merupakan kebutuhan dasar warga negara untuk dicatat dan diakui secara resmi oleh negara seperti; pembuatan KTP, Kartu Keluarga , Akta Kelahiran. Bahwasannya dibutuhkan tenaga yang profesional untuk meningkatkan kinerja dalam pelayanan bagian administrasi yang belum optimal khususnya di desa penyaho dangku kecamatan ngabang kabupaten landak. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian eksploratif. Penelitian ini menggunakan teori Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai.Menurut Bernardindan Russel (dalam Keban, 2004:192) mengartikan kinerja sebagai aspek yang ditekankan oleh kedua pengarang tersebut adalah catatan tentang outcome atau hasil akhir yang diperoleh setelah suatu pekerjaan atau aktivitas dijalankan selama kurun waktu tertentu. namun hal tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Saran dalam penelitian ini yaitu melakukan pengelolaan manajemen SDM (sumber daya manusia), meningkatkan kualitas pelayanan pegawai agar mewujudkan pelayanan yang humanis, responsivitas, cepat tanggap dalam melayani masyarakat untuk mengatasi masalah, responbilitas menjaga integritas pelayanan didesa penyaho dangku kabupaten landak.
Kata Kunci: Efektivtas Kerja, Pegawai.
This study aims to describe and analyze the factors that affect employee performance in making birth certificates, E-KTPs at the village office of Penyaho Dangku Hedgehog. This research is based on employee performance problems in making deeds and E-KTP to the community. government is an organization that has the authority to make and implement laws. In addition, the government also has an obligation to serve public needs as part of the administration. Administration is a basic requirement of citizens to be officially recorded and recognized by the state such as; making KTP, Family Card, Birth Certificate. That is, professional staff are needed to improve the performance in the administration service which is not yet optimal, especially in the village of Penyaho Dangku, Ngabang District, Hedgehog Regency. The research method used is a qualitative approach with exploratory research type. This study uses the theory of factors that affect employee performance. According to Bernardindan Russel (in Keban, 2004: 192) defines performance as an aspect that is emphasized by the two authors is a note about the outcome or final result obtained after a job or activity is carried out during the period. certain time. however this is not used properly by the community. Suggestions in this study are to manage HR management (human resources), improve the quality of employee services in order to realize humanist services, responsiveness, responsiveness in serving the community to solve problems, responsiveness to maintain service integrity in the village of Penyaho Dangku, Hedgehog district.
Keywords: Work Effectiveness, Employee.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002:24. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dharma , Surya. 2010. Manajemen Kinerja. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dwiyanto dkk. 2002:188. Menjelaskan beberapa indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat kinerja suatu organisasi. Bandung: Alfabeta.
Gary, Dasler. 2000:32. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Terjemahan. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Keban, T Yeremias. 2004:192. Kinerja Organisasi Publik. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Mangkunegara, Prabu Anwar. 2005. Perilaku Dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama.
Mangkunegara, Prabu Anwar. 2010. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.
Moleong, Lexi J. 2010:48. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2013. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Salim dan Woodward. 1992:55. Kinerja Berdasarkan Pertimbangan-Pertimbangan Ekonomi, Efesiensi, Efektifitas, Dan Persamaan Pelayanan. Jakarta: Perindo.
Sugiyono. 2007:91. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
¬¬¬¬ 2010. Memahami Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sutopo, Heribertus. 2002. Pengantar Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar Teoritis Dan Praktis. Surakarta: UNS.
Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo.
Widodo. 2001:244. Membangun birokrasi berbasis kinerja. Malang: Bayumedia Publishing.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 20014 Tentang Pemerintahan Daerah.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2012 Tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan.
Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Penyusunan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil
Lembaga Administrasi Negara Tahun 2008 Tentang Akuntabilitas Standar Pelayanan Publik.
Peraturan Daerah Kabupaten Landak Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Landak Tahun Anggaran 2013
Peraturan Bupati Landak Nomor 24 Tahun 2015 Tentang Standar Operasional Prosedur Pelayanan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang
Peraturan Bupati Landak Nomor 24 Tahun 2015 Bab I Pasal I ayat 10 Tentang Peristiwa kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang
Sejarah Landak (https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Landak)
(Belanda) van Eysinga, Philippus Pieter Roorda (1841). Handboek der land- en volkenkunde, geschiedtaal-, aardrijks- en staatkunde von Nederlandsch Indie
DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fgov.v9i3.2689
Article Metrics
Abstract view : 1671 timesPDF - 1119 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Governance, Ilmu Pemerintahan Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/governance
SK LIPI Nomor: 0005.260/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02
©2012-2017 Governance Fisip Untan All Rights Reserved