KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN SANGGAU LEDO KABUPATEN BENGKAYANAG

LANNY SHELFIANI GUNAWAN NIM. E42011057

Abstract


Penulisan Skripsi ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang. Judul Skripsi ini diangkat untuk melihat bagaimana kualitas pelayanan publik khususnya pada Kasi pemerintahan dalam memberikan pelayanan surat pengantar Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte kelahiran, Kematian, dan surat pindah datang. 

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah seluruh pegawai kantor Camat Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang yang terlibat dalam pembuatan surat pengantar KTP, KK, Akte kelahiran, kematian dan surat pindah datang serta anggota msyarakat yang mengurus pembuatan surat pengantar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Fitzsimmons yaitu kualitas pelayanan publik diukur dari dimensi reability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty ( empati), dan tangibles (terjamah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik khususnya pada Kasi pemerintahan di Kecamatan Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang sudah baik, namun untuk dimensi tangibles belum baik yang tercermin dari belum memadainya sumber daya manusia serta sarana dan prasarana dalam memberikan pelayanan yang maksimal dan perlunya perbaikan dari instansi setempat untuk bisa memberikan pelayanan yang baik serta memuaskan masyarakat. Saran dari  penelitian ini adalah menambah pegawai di Kasi Pemerintahan, membuat ruang tunggu yang lebih nyaman,  pengadaan printer baru,  serta pengadaan kotak saran, karena tingkat kepuasan masyarakat merupakan tolak ukur keberhasilan dalam sebuah pelayanan.

 

Kata-kata Kunci : Kualitas, Pelayanan publik, Kecamatan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fgov.v4i3.734

Article Metrics

Abstract view : 2915 times
PDF - 1825 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.

Governance, Ilmu Pemerintahan Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/governance

ISSN: 2442-4587

SK LIPI Nomor: 0005.260/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02

©2012-2017 Governance Fisip Untan All Rights Reserved