PELAYAAN PEMBUATAN AKTA PERKAWINAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KAPUAS HULU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kualitas pelayanan aparatur dalam pembuatan Akta Perkawinan pada Bidang Pencatatan Sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas Hulu. Ada beberapa permasalahan yang melatarbelakangi peneliti dalam melakukan penelitian ini diantaranya adalah minimnya sumber daya manusia dilihat dari latar belakang pendidikan, penyediaan sarana fasilitas fisik belum memadai, dan waktu penyelesaian pelayanan pembuatan akta perkawinan melebihi batas waktu yang ditentukan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas Hulu belum optimal terlihat pada 4 dimensi. Dimensi pertama tangibles adalah kurangnya jumlah pegawai pada bagian pelayanan akta perkawinan dan terdapat keterbatasan pada fasilitas dan sarana. Dimensi kedua reliability adalah kurangnya kemampuan pegawai dalam menyelesaikan pembuatan Akta Perkawinan tepat waktu. Dimensi ketiga responsiveness adalah belum tersedianya sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan, kritik dan saran kepada atas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas Hulu dan program Jemput Bola belum seluruhnya sampai ke Kecamatan-kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu. Dimensi keempat competence adalah rendahnya keterampilan pegawai dalam mengoperasikan komputer dan belum rutinnya pelatihan yang diterima oleh pegawai terkait dalam pelayanan pembuatan akta perkawinan. Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu: Perlu penambahan tenaga pegawai sebanyak 2 (dua) orang pada bagian pelayanan akta perkawinan; Meningkatkan ketelitian dari pegawai baik yang bertugas sebagai operator maupun pegawai yang bertugas di loket; Meningkatkan tanggung jawabnya akan tugas-tugas yang dilaksanakan; Memperhatikan pemerataan kemampuan para pegawai/petugas pelayanan.
Kata-kata Kunci: Akta Perkawinan, Tertib Administrasi, Pelayanan Prima
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fgov.v4i3.750
Article Metrics
Abstract view : 1726 timesPDF - 1433 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Governance, Ilmu Pemerintahan Fisip Untan, https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/governance
SK LIPI Nomor: 0005.260/JI.3.2/SK.ISSN/2015.02
©2012-2017 Governance Fisip Untan All Rights Reserved