AKTIVITAS KLINIK KECANTIKAN ANNAYA BEAUTY HOUSE PONTIANAK DALAM MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas yang di lakukan oleh Annaya Beauty House Pontianak dalam menciptakan Brand Loyalty kepada pelanggan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana aktivitas yang dilakukan oleh Annaya Beauty House Pontianak dalam menciptakan Brand Loyalty kepada pelanggan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya berdasarkan data dan fakta di lapangan. Untuk menganalisis permasalahan tersebut menggunakan teori loyalitas Griffin (2003:5). Adapun informan dalam penelitian ini yaitu pemilik Annaya Beauty House, konsumen, dan pelanggan tetap dari Annaya Beauty House. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas yang dilakukan oleh Annaya Beauty House belum mampu menghasilkan loyalitas pelanggan. Terbukti dengan banyak konsumen yang tidak menjadi pelanggan tetap, tidak membeli produk yang tersedia, dan tidak melakukan bermacam-macam treatment yang ada, sehingga Annaya Beauty House masih sangat rentan terhadap para pesaingnya terlebih di masa pandemi.
Kata Kunci : Beauty house, Brand Loyalty, Teori Loyalitas GriffinFull Text:
PDFReferences
Abdurrahmat, Fathoni. 2006. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Barata, Atep. 2004. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
Buttle, Francis. 2004. Customer Relationship Management (Management Hubungan Pelanggan) Concept and Tools. (diterjemahkan oleh Arief Subianto) Bayumedia. Malang.
Buttle, Francis. 2007. Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan). Terjemahan oleh Arief Subiyanto. Malang : Bayu Media Publishing.
Fajar, Laksana . 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Graham Ilmu: Yogyakarta
Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty. Terjemahan oleh Dwi Kartini Yahya, Jakarta :Erlangga
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Terjemahan oleh Hendra Teguh dan Ronny Antonius. Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1.Jakarta: PT.Prenhallindo.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Terjemahan oleh Benyamin Molan. Edisi Keduabelas. Jilid 1. Jakarta: Indeks.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Erlangga : Jakarta
Mahmud dan Anomsari, 2011. Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis Dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Usaha Kecil Menengah di Kawasan Usaha Barito Semarang), Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2011
Nasution, M.N. 2004. Manajemen Jasa Terpadu: Total Service Management. Jakarta: Ghalia Indonesia
Rosady, R. 1999. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi Konsepsi – dan Aplikasi ; PT. Raja Grapindo Persada, Jakarta.
Rosady, R. 2014. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Rajawali Pers. Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulastiyono, Agus. 2008. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Cetakaan keenam. Bandung: Alfabeta
Swastha, B. dan T. Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen),Yogyakarta : BPFE UGM
Tjiptono, F. 2002 .Manajemen Jasa. Penerbit ANDI YOGYAKARTA Majalah Info Bisnis, Edisi maret-Tahun keVI-2002
Widjaja, Tunggal Amin. 2008. Dasar-dasar Customer Relationship Management. Jakarta: Harvarindo.
Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara
Sumber Online:
https://www.proweb.co.id/articles/ultimaerp/customer_relation.html.
Diakses: 20 Desember 2019.
https://docplayer.info/41733023-hubungan-pelanggan.html.
Diakses: 22 Desember 2019
Article Metrics
Abstract view : 1055 timesPDF - 479 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.