PERSEPSI FOLLOWERS AKUN @REYBADAY MENGENAI CITRA DIRI REY BADAY SEBAGAI INFLUENCER DI KOTA PONTIANAK

RUSNI RUSNI, Bakran Suni, Dewi Utami

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh citra diri influencer pria dari Kota Pontianak bernama Rey Andrean Saputra dengan akun Instagram @reybaday. Rey adalah influencer pria yang terkadang menampilkan citra diri yang maskulin sekaligus feminin. Akun instagram @reybaday menunjukan bahwa tidak semua laki-laki berpenampilan sesuai standar maskulin yang berlaku di masyarakat dan tidak semua kriteria feminin hanya bisa dimiliki perempuan. Namun persepsi masyarakat belum tentu sejalan dengan citra diri yang ditampilkan di Instagram Rey. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi followers Instagram @reybaday terhadap citra diri Rey Baday. Skripsi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, sementara Teori yang digunakan adalah Teori Persepsi (Mulyana, 2010) dan Teori Hubungan Parasosial Klimmt dkk (Charles dkk, 2011). Hasil penelitian ini menunjukan persepsi informan yang cenderung menilai Rey Baday seperti banci. Hal tersebut terjadi karena informan memaknai citra diri yang ditampilkan Rey Baday tampak feminin, karena informan melihat Rey menggunakan atribut yang memiliki asosiasi yang kuat dengan perempuan seperti pada makeup, fashion, dan isyarat tubuh. Sehingga, citra diri yang ditampilkan Rey Baday dipandang sebagai bentuk peniruan laki-laki terhadap gender feminin dan berada di luar konsepsi normal yang berlaku dimasyarakat. Di sisi lain, informan memaknai citra diri tersebut merupakan bentuk dari totalitas sebagai influencer dan dapat menghibur penonton. Selanjutnya, semua informan sepakat beranggapan bahwa citra diri yang ditampilkan Rey Baday di Instagram merupakan sebuah media hiburan bagifollowers dan media promosi bagi pengusaha online shop.

 

Kata Kunci: Instagram, Influencer, citra diri

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Baron, Robert. A dan Byrne, Donn. 2004. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Berger, Charles R, dkk. 2014. Handbook Ilmu Komunikasi: Bandung: Penerbit Nusa Media.

Brown Duncan & Hayes, Nick. 2008. Influencer Marketing, Who really influences your customers. UK Elsevier Ltd.

Brown, Danny & Fiorella, Sam. 2013. Influence Marketing- How to create, manage, and measure brand influencers in social media marketing, Que Publishing.

Burns, R.B. 1993. Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku. Jakarta: Arcan.

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bhakti.

Elvinaro Ardianto dan Soleh Soemirat. 2012. Dasar-dasar Public Relation. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Jubilec Enterprise. 2012. Instagram Untuk Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kotler Philip, Kevin Lance Keller. 2012. Marketing Management 14th edition. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kriyanto, Rachmat. 2016. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Mappiare A.T, Andi. 2010. Pengantar Konseling dan Psikoterapi, Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mayfield, Antony. 2008. What is social media?. London: Icrossing.

McQuail, Dennis. 1987. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial (perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi). Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT. Elex Komputindo.

Rahkmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Royan , Frans. M. 2005. Marketing Celebrities. Jilid I. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ruslan, Rosady. 2010. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung. Refika Aditama.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinas (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yustinus, Semiun. 2006. Kesehatan Mental I Pandangan Umum Mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental Serta Teori-teori yang Terkait. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.


Article Metrics

Abstract view : 1021 times
PDF - 962 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pemimpin Umum/Penanggung Jawab

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Wakil Pemimpin Umum

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura

Dewan Penyunting Kehormatan

Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)

Dewan Penyunting (Editorial Board)

Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.