FUNGSI MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM PENGELOLAAN UMPAN BALIK PELANGGAN OLEH PT PLN WILAYAH PEMANGKAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep fungsi media sosial Facebookdalam mengelola umpan balik pelanggan yang dilakukan oleh Perusahaan Listrik Negara PT(PLN) di wilayah Pemangkat. Dalam menganalisis, penelitian ini menggunakan 4 fungsi media sosial Amy Reitz (2012). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap humas dan beberapa pegawai PLN wilayah Pemangkat dan beberapa masyarakat kota Pemangkat. Dari hasil analisis yang telah dilakukan menghasilkan temuan dimana ternyata peran humas dalam struktur organisasi PLN Pemangkat berada di divisi administrasi. Di PLN Pemangkat tidak ada divisi khusus yang menaungi pekerjaan humas secara khusus. Dalam memperlihatkan identitasnya, PLN wilayah Pemangkat mem-branding media sosialnya dengan mengunggah konten-konten yang berkaitan dengan kelistrikan. Dalam mengontrol perkembangan isu dan krisis, PLN wilayah Pemangkat menjadikan akun tersebut sebagai tempat mengadu dan melaporkan keluhan mengenai gangguan listrik yang terjadi oleh masyarakat Pemangkat.Dalam fungsi membangun hubungan dengan publiknya, media sosial Facebookdigunakan oleh PLN wilayah Pemangkat untuk berinteraksi dengan publiknya yang terdiri dari 2 yaitu publik internal dan publik eksternal. Pemilihan Facebooksebagai media sosial untuk berinteraksi juga didasari oleh banyaknya masyarakat Pemangkat yang menggunakan Facebooksebagai media sosialnya. Fungsi CSR sendiri dilakukan oleh PLN wilayah Pemangkat dengan mengunggah program-program berupa bantuan kepada masyarakat. Namun pada fungsi ini PLN wilayah Pemangkat dirasa masih kurang memanfaatkan media sosialnya, ini dapat dilihat dari sedikitnya konten unggahan yang bertema CSR di FacebookPLN wilayah Pemangkat.
Kata kunci: Media Sosial, PLN, Facebook, Humas, Umpan Balik
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yusuf Zainal. 2015. Manajemen Komunikasi (Filosofi, Konsep, dan Aplikasi). Bandung: Pustaka Setia.
Berger, Charles R., Michael E. Roloff., David R. Roskos-Ewoldsen. 2014.
Handbook Ilmu Komunikasi. Bandung: Nusa Media.
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Effendy, Onong U. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung:Remaja Roshdakarya.
Effendy, Onong Uchana. 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Gatot Haryono, Cosmasa. 2020. Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Sukabumi: CV Jejak.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya.
Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.
Nugroho. 2003. Good Governance. Bandung: Mandar Maju.
Nurdin, Ali. 2020. Teori Komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis Edisi Pertama. Jakarta: KENCANA
Ruslan, Rosadi. 2006. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ruslan, Rosadi. 2005. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Soekanto, Soerjono. 2002. Teori Peranan. Jakarta. Bumi Aksara.
Silalhi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial.Bandung: Refika Aditama.
Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. 2010. Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Skripsi
Fatimah Azahra. 2015. “Peranan Humas PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya Dan Tangerang Dalam Memanfaatkan Media Digital”. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Hanindyalaila Pienrasmi. 2015. “Pemanfaatan Social Media oleh Praktisi Public Relations di Yogyakarta”. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Jurnal
Amy Reitz. (2012). Social Media’s Function in Organizations: A Functional Analysis Approach. Global Media Journal Canadian Edition. 41-56.
Website
https://web.pln.co.id
(diaksestanggal 10 Januari 2021)
https://www.Facebook.com/PLN-ULP-Pemangkat-535422706606533/
(diakses tanggal 15 Desember 2020)
https://core.ac.uk/
(diakses tanggal 7 Juli 2021)
Article Metrics
Abstract view : 1239 timesPDF - 665 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.