EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN KAPUAS HULU
Abstract
Tujuan penelitian adalah ingin mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas proses implementasi pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam meningkatkan pelayanan pendidikan. Penelitian ini menggunakan teori Edward III tentang variabel implementasi kebijakan yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program BOS pada jenjang sekolah menengah di Kecamatan Putussibau Utara Kabupaten Kapuas Hulu belum berjalan efektif. Hal ini terlihat dari pemanfaatan dana BOS yang belum mampu meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan sesuai dengan standar pendidikan. Implementasi program BOS belum berjalan efektif dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, disebabkan oleh, yaitu a) komunikasi; sosialisasi program BOS belum dilaksanakan secara optimal. Di samping itu, Juknis BOS sering mengalami pergantian; b) sumber daya; SDM pengelola BOS belum memiliki kemampuan dalam mengelola dana BOS, baik pada tahap perencanaan, penggunaan dan pertanggungjawaban. Demikian pula dengan fasilitas pendukung, khususnya fasilitas IT dan sumber informasi sekolah yang masih terbatas; c) disposisi; motivasi dan kemampuan pelaksana program BOS yang masih rendah menyebabkan upaya menjadikan BOS sebagai modal bagi sekolah untuk meningkatkan pelayanan pendidikan masih belum terwujud; d) struktur biokrasi; koordinasi antara pihak yang terlibat dalam program BOS masih belum optimal, pada saat yang bersamaan Juknis sebagai acaun dalam penggunaan BOS sangat mengikat dan kaku, sementara masing-masing sekolah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam memenuhi kebutuhan sekolah. Rekomendasi penelitian ini adalah 1) Perlu dilakukan peningkatan sosialisasi program BOS; 2) Sekolah perlu dilengkapi dengan SDM yang memadai 3) Implementor diharapkan dapat menunjukan motivasi yang tinggi dalam melaksanakan program BOS, 4) Peningkatan koordinasi antar pihak yang terlibat dalam pengelolaan dana BOS.
Kata Kunci :Implementasi Kebijakan, Program BOS, Pendidikan Menengah.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1978 timesPDF - 1571 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROMASTER adalah jurnal program magister ilmu sosial FISIP Untan, yang mempublikasikan hasil riset mendalam pada cakupan bidang ilmu administrasi publik, ilmu politik, sosiologi.