IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDLATUL ULUM 9 DI DESA PASAK PIANG KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengapa implementasi standar Sarana dan Prasarana serta tenaga pendidik dan kependidikan di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum9 Desa Pasak Piang Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya berhasil. Menurut Edward III ada beberapa variabel yang menentukan keberhasilan kebijakan yaitu a) Komunikasi berupa sosialiasi yang masih lemah dari pihak pelaksana yaitu dari pihak Kemenag, b) Sumberdaya berupa jumlah Staf Pengajar beserta kemampuannya serta fasilitas fisik untuk mendukung implementasi kebijakan, c) Disposisi berupa sikap atau komitmen dari pihak pelaksana terhadap implementasi Kebijakan, d) Struktur Birokrasi berupa mekanisme kerja tersebut untuk mengelola pelaksanaan suatu kebijakan. Hasil dari penelitian ini secara praktisnya agar dapat memberikan kontribusi pemikiran terhadap pemerintah setempat terutama terhdap pemerintah kabupaten Kubu Raya dalam meningkatkan pencapaian tujuan implementasi kebijakan standar nasioanl pendidikan. Saran dengan sehubungan penelitian ini adalah diharapkan untuk pemerintah Kabupaten Kubu Raya serta pihak sekolah agar bisa menerapkan Kebijakan Standar Nasional Pendidikan ini terutama pada kriteria Standar Sarana dan Prasarana serta Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan agar mutu pengajaran serta proses belajar mengajar bisa lebih efektif.
Kata Kunci : Implementasi, Standar Nasional pendidikan
The reseach aims to find out and analyze implementation of standard facilities and infrastructure as well as educators and education Staff at Raudlatul Ulum 9 Islamic School in Pasak Piang Village, Sungai Ambawang Sub-District, Kubu Raya Regency is succesfull. According to Edward III, there are variables that determine the success of a policy which consist of a) communication in the form of socialization which is still weak by ministry of Religious Affairs, b) resources in the form of teaching staff as well as their abilities and physical facilities to support policy implementation, c) Disposition in the form of attitude and commitment from the implementing party to policy implementation, d) Bureauracy structure in the form of work mechanism to manage the implementation of a policy. Practically, the reseach results are to contribute thoughts to the local government, specially to the government of Kubu Raya Regency in improving the achievement of the objectives of implementing national education standard policy. Suggestions for this reseach include the government of Kubu Raya Regency and the school to the able to implement National Education Standar Policy, particularly in the criteria of facilities and infrastructure standard as well as educators and education staff so the quality of teaching and the process of the teaching and learning can be more effective.
Keywords: Implementation, National Education Standard
Full Text:
PDFReferences
L. REFRENSI
Sumber Buku:
Agustino, Leo. 2006. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Agustino, Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Ahmad, Jamaluddin. 2015. Metode Penelitian Admininstrasi Publik Teori dan Aplikasi. Yagyakarta: GAVA MEDIA
Moleong, J. Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualititif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, J. Lexy. 2004. Metode Penelitian Kualititif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nugroho, Riant. 2015. Kebijakan Publik. Jakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Santosa, Panji. 2008. Administrasi Publik Teori Dan Aplikasi Good Governance. Bandung: PT Refika Aditama.
Subarsono, AG. 2011. Analisis Kebijakan: Konsep, Teori dan Apikasi. Yogyakarta: Pusat Pustaka.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Suharto, Edi. 2008. Analisis Kebijakan Publik. Bandung: CV. Alfabeta.
Tachjan, H. 2006. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI Bandung.
Tahir. Arifin. 2014. Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan
Pemerintah Daerah. Bandung: ALFABETA
Wahab, Solichin Abdul. 2010. Analisis Kebijaksanaan, dari Formulasi, ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Penerbitan Bumi Aksara.
Widodo, Joko. 2012. Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia Publishing.
Winarno, Budi. 2014. Kebijakan Penduduk (Teori, Proses, dan Studi Kasus). Jakarta: PT BUKU SERU
Sumber Skripsi:
AB Ahmad, Nasiruddin. 2010. Implementasi Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 di SMAN 1 Nanga Taman. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura pontianak
Febriyani, Unggi. 2015 .Implementasi Kebijakan Standar Nasional Pendidikan pada sekolah dasar negeri No. 68 di kecamatan pontianak barat. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura pontianak.
Sumber Instansi dan Undang-Undang:
Sekolah MI Raudlatul Ulum 9, Desa Pasak Piang 2018. Data Nama-Nama dan Jumlah Guru Tahun 2017. Kabupaten Kubu Raya
Sekolah MI Raudlatul Ulum 9, Desa Pasak Piang 2018. Data Sarana dan Prasarana . Kabupaten Kubu Raya
Undang-undang Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.13 Tahun 2015, Standar Nasional Pendidikan jakarta. Penerbit Sinar Grafika
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional2015, Standar Nasional Pendidikan jakarta. Penerbit Sinar Grafika
Sumber Internet:
Amin Mungamar.2013. Delapan Standar Nasional Pendidikan, diambil pada tanggal31Agustus2019https://www.google.co.id/search?ei=psBuW sz4EoTz8QXe7LQAw&q=delapan+standar+nasional+pendidikan&oq=delapan+&gs_l=psy-
Bnsp-Indonesia.2015.Standar Nasional pendidikan, di ambil pada tanggal 31Agustus2019https://www.google.co.id/search?q=standar+nasional+pendidikan&oq=standar&aqs=chrome.2.69i57j0l5.4347j1j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8
Suaidinmath.2012.Indikator Standar Nasional pendidikan, diambil pada tanggal2september2019.https://www.google.co.id/search?ei=D8FuWr6zMsa08QXumK9A&q=indikator+8+standar+nasional+pendidikan&oq=delapan+standar+nasional+pendidikan&gs_l=psy-Pengarang Skripsi
DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v9i4.2585
Article Metrics
Abstract view : 524 timesPDF - 570 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Wakil Pemimpin Umum
Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura
Dewan Penyunting Kehormatan
Dr.H,Martoyo, MA, Dr.Herlan, M.Si, Dr.Dedi Kusnadi, M.Si, Drs.Sabran Achyar, M.Si, Prof.Dr. Sy. Ibrahim Alqadrie, Prof. Dr. A B Tangdililing, M.A., Prof. Dr. Arkanudin, M.Si, Prof. Dr. Redatin Parwadi, M.A, Dr.Lukman Jafar, M.Si, Drs.Sukamto,M.Si, Dr.Hj.Hardilina,M.Si, Dr.H.Mochtaria M.Noh, M.Si, Dr.Ngusmanto (Scopus ID: 57191224744)
Dewan Penyunting (Editorial Board)
Dr.Ira Patriani, Dr.Rusdiono, M.Si, Dra.Kartika Ningtyas, M.Si, Drs.Asmadi, M.Si, Bima Sujendra, M.Si, Dewi Utami, M.Si, Ully Nuzullian, M.Si, Dr.Hasanah, Dr.Ema Rahmaniah, Dr.Sri Maryuni, M.Si, Dr.Nurfitri Nugrahaningsih, M.Si, Dra.Yulianti, M.Si, Dra.Syarmiati, M.Si, Dr.Pardi, M.Si, Dr.Indah Listyaningrum,M.Si, Viza Juliansyah, S.Sos., M.A.
Publika, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Fisip Untan, http://jurmafis.untan.ac.id. Publikasi hasil penelitian yang orisinil, dilakukan setelah melalui persetujuan editor program studi. Terbit 4 (empat) kali pertahun
Alamat: Kampus FISIP Untan Jl.Prof.Dr.H.Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
ID SIS (Scientific Indexing Service: Journal ID:3696